Home / Sumut / 600 Anggota Gemkara Ikuti Latihan Bela Negara

600 Anggota Gemkara Ikuti Latihan Bela Negara

Ketua Umum PB. Gemkara Khairul Muslim (kiri) bersama Sekum Syarkowi Hamid dan Ketua Panitia Mhd. Rozali meninjau lokasi pelatihan bela negara dan tempat pelantikan Divisi Gemkara, di Pantai Jono Kecamatan Medang Deras, Jumat (21/2). (Foto:LintasMedan/ist)

Batu Bara, 22/2 (LintasMedan) – Bupati Batu Bara Zahir akan memberi pembekalan kepada 600 orang peserta pelatihan bela negara yang seluruhnya berasal dari Divisi Gerakan Masyarakat Menuju Kesejahteraan Batubara (Gemkara) se kabupaten tersebut di Pantai Jono, Kecamatan Medang Deras, Sabtu (22/2).

Selain Bupati Batu Bara, para peserta pelatihan bela negara juga akan mendapat pembekalan dari Ketua Dewan Pembina PB. Gemkara Prof. Dr. H. OK. Saidin, SH, M. Hum, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. Sri Marantika Beruh, dan Ketua DPRD Batu Bara M. Syafii.

Pelatihan bela negara Gemkara tahun 2020 merupakan rangkaian kegiatan pelantikan Divisi Gemkara dari 12 Kecamatan se Kabupaten Batu Bara.

Pelantikan dilakukan secara serentak oleh Ketua Umum PB. Gemkara yang ditandai peyerahan SK Divisi, penandatangan berita acara pelantikan, dan penyerahan pataka Gemkara.

Ketua Umum PB. Gemkara Khairul Muslim didampingi Sekum Syarkowi Hamid, Ketua Harian Zulkarnain Achmad, Bendahara Umum Taufik Doban, Ketua Panitia Mhd. Rozali kepada wartawan di Lima Puluh, Jumat (21/2), mengatakan, acara pelantikan 12 Divisi Gemkara dirangkaikan dengan pelatihan bela negara sekaligus konsolidasi total Gemkara untuk mendukung pembangunan kabupaten tersebut.

Partisipasi aktif dan dukungan penuh “all out” dari Gemkara untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Batu Bara sebagai wujud nyata dari misi suci dan perjuangan heroik Gemkara dalam memperjuangkan pemekaran Kabupaten Batu Bara.

Khairul mengemukakan, Batu Bara memiliki potensi dan peluang besar untuk menjadi kabupaten yang maju karena di wilayah itu dewasa ini dilaksanakan pembangunan beberapa mega proyek, di antaranya Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung dan pabrik minyak.

Jika pengerjaan pembangunan proyek berskala besar itu rampung, maka dipastikan akan memberi beragam manfaat bagi daerah itu dan diperkirakan mampu menyerap sekitar 25.000 tenaga kerja.

“Ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi masyarakat Batu Bara”, kata Khairul Muslim yang juga Wakil Ketua PWI Sumut.

Karena itu, kata Khairul,, Gemkara sejak awal berkomitmen mendukung visi, misi dan program Bupati Batu Bara Zahir untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat di wilayah itu.

“Soliditas dan solidaritas Gemkara dan sinergitas antar elemen masyarakat Batu Bara tentunya sangat menentukan kemajuan dan kejayaan Kabupaten Batu Bara di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara Zahir-Oka,” ujarnya. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey