Home / Medan / Akhyar: Dana PIP Wajib Digunakan untuk Kebutuhan Pendidikan

Akhyar: Dana PIP Wajib Digunakan untuk Kebutuhan Pendidikan

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution (kiri) memberikan arahan kepada sejumlah orang tua siswa penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di aula Yayasan Pendidikan Nasional Pencawan Medan, Jumat (28/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 28/2 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution, menegaskan bahwa dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang diprioritaskan untuk siswa kurang mampu wajib dipergunakan sebaik-baiknya untuk keperluan pendidikan.

“Harapan Pemerintah dari program PIP ini adalah ingin memutus kesenjangan akses pendidikan bagi anak-anak Indonesia. Untuk itu, saya mengajak semua pihak agar ikut mendorong agar bantuan PIP benar-benar sampai ke tangan siswa yang berhak,” katanya di Medan, Jumat (28/2).

Akhyar menyampaikan hal itu ketika menghadiri penyerahan bantuan Program Indonesia Pintar kepada 300 Orang tua Siswa di aula Yayasan Pendidikan Nasional Pencawan alan Bunga Ncole, Kecamatan Medan Tuntungan.

Ia menjelaskan peningkatan akses pendidikan bagi masyarakat dari keluarga tidak mampu merupakan salah satu kunci jawaban untuk mengurangi kesenjangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, dan Indonesia Sehat untuk Membangun Keluarga Produktif, salah satunya adalah melalui program PIP.

Melalui program ini, lanjutnya, diharapkan pendidikan yang merata akan segera terwujud.

Dikatakan Akhyar, Pemko Medan terus berupaya mengimplementasikan PIP untuk mewujudkan pendidikan yang merata khususnya dalam menjangkau anak-anak dari keluarga-keluarga tidak mampu di wilayah tersebut.

“Bantuan PIP ini agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga apa yang menjadi tujuan program PIP dapat tercapai. Indonesia membutuhkan anak-anak yang cerdas dan pintar untuk meneruskan estafet pembangunan,” tuturnya.

Acara penyerahan dana bantuan PIP tahun 2020 tersebut diserahkan kepada 300 orang tua siswa kelas 3 SMA dan SMK .

Para orang tua siswa mengaku dana subsidi di bidang pendidikan yang dialokasikan pemerintah itu sangat membantu meringankan biaya sekolah anak-anak mereka. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey