Home / Medan / Akhyar Gelorakan Program “Yuk Bikin Cantik Medan”

Akhyar Gelorakan Program “Yuk Bikin Cantik Medan”

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution (kiri) saat menjadi narasumber dalam dialog interaktif bertema “Mewujudkan Medan Cantik” di Pro 1 RRI Medan, Jumat (14/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 14/2 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution terus menggelorakan program “Yuk Bikin Cantik Medan” dengan cara menggerakkan para camat, lurah ataupun kepala lingkungan (Kepling), Tim Penggerak PKK dan segenap elemen masyarakat untuk turut berperan aktif mempercantik lingkungan mereka.

“Ini gerakan bersama seluruh warga. Medan cantik itu harapan kita bersama, karena Medan Cantik adalah harapan bersama, maka mari bersama kita wujudkan. Pemko Medan sebagai motor penggerak utamanya,” kata Akhyar dalam dialog Lintas Medan Pagi Pro 1 RRI Medan, Jumat (14/2).

Menurut dia, salah satu hal yang dapat dilakukan warga untuk mempercantik lingkungan adalah tidak membuang sampah sembarangan dan mewadahi sampahnya masing-masing.

Pemko Medan, lanjutnya, telah menyiapkan tempat sampah, namun partisipasi masyarakat juga dibutuhkan setidaknya pergunakan kaleng bekas cat atau ember yang tidak terpakai sebagai tempat sampai dirumah masing-masing.

Kepedulian dan partisipasi nyata masyarakat tersebut, kata dia, dapat mempermudah para petugas kebersihan saat mengangkut sampah dan tidak memakan waktu yang cukup lama.

“Kalau tidak ada keranjang kol, boleh pakai kaleng atau pun drum bekas. Ini akan membantu petugas pengangkutan sampah,” ucapnya.

Akhyar menambahkan, sampah yang tidak diwadahi akan menimbulkan problem, seperti sampah akan berserak dan jika hujan akan terseret ke parit.

Selain itu, mengangkut sampah yang berserakan itu membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding mengangkut sampah yang telah diwadahi.

Dalam dialog bertema “Mewujudkan Medan Cantik” itu, Akhyar mengatakan bahwa gerakan bersama ini tentunya membutuhkan peran serta warga.

Selain mempercantik lingkungan masing-masing, ia juga mengingatkan masyarakat untuk bergotong royong mewadahi sampahnya masing-masing, sebab mengelola sampah merupakan tanggung jawab individu itu sendiri.

Oleh karena itu, Akhyar berpesan agar masyarakat bertanggung jawab dengan sampah masing-masing dengan cara mewadahi sampah sehingga petugas dapat dengan mudah mengangkutnya dan kemudian dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Plt Walikota menambahkan, Medan merupakan rumah kita, maka dari itu mari bersama bergerak mewujudkan Medan Rumah Kita cantik.

“Maka dari itu perlunya kesadaran masyarakat itu sendiri untuk tidak lagi membuang sampah disembarang tempat. Mari perduli pada lingkungan sekitar,” tuturnya.

Dialog interaktif itu juga menghadirkan pengamat lingkungan Jaya Arjuna melalui sambungan telepon.

Jaya Arjuna merasa yakin program Medan Cantik ini dapat terwujud jika pemerintah dan masyarakat bersinergi turut berperan aktif menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey