Home / Medan / Buka Musorkot, Akhyar Minta KONI Medan Serius Bina Atlet

Buka Musorkot, Akhyar Minta KONI Medan Serius Bina Atlet

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution melakukan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Medan Tahun 2020, di Medan, Sabtu (1/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 1/2 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat, untuk serius membina atlet agar lebih berprestasi.

“Dulu kita bangga bisa berprestasi. Ini yang hilang dalam dunia olahraga kita,” kata Akhyar saat menyampaikan kata sambutan pada acara pembukaan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Medan Tahun 2020, di Medan, Sabtu (1/2).

Dalam acara yang turut dihadiri para pimpinan pengurus sejumlah cabang olahraga tersebut, Akhyar mengungkapkan rasa prihatinnya terhadap penurunan prestasi atlet dari Kota Medan jika dibandingkan beberapa dasawarsa lalu.

“Tahun 60, 70, 80-an Medan selalu jadi perhitungan dalam ajang PON. Selama itu kita selalu bertengger di lima besar. Jadi memang bukan impian kalau kejayaan itu kita raih kembali saat ini,” ucapnya.

Di masa lalu, menurut dia, para atlet memiliki rasa bangga jika berhasil meraih prestasi.

Namun, ia menilai, tekad untuk meraih prestasi maupun rasa bangga atas prestasi yang diraih tersebut terkesan mulai hilang.

Akhyar mengugkapkan rasa prihatin dirinya beberapa waktu lalu ketika menghadiri pembukaan kegiatan pelatihan sepakbola untuk anak-anak.

“Yang mencengangkan, salah seorang anak belum apa-apa sudah bertanya apakah mereka akan mendapatkan bonus,” ucapnya.

Realitas tersebut, menurut Akhyar sangat jauh berbeda di saat dirinya sebagai atlet yang di masa itu selalu mengedepankan spirit dan karakter olahraga.

“Spirit itu tetap saya hayati dan jalani, di antaranya pantang menyerah. Sebelun peluit wasit berbunyi permainan belum selesai. Semakin kuat lawan, semakin kuat kita main,” tutur Akhyar saat mengisahkan pengalamannya sebagai atlet.

Karena itu, ia meminta segenap pengurus KONI dan induk cabang olahraga lebih serius menerapkan berbagai program untuk pembinanan atlet secara berkesinambungan dan mengembangkan berbagai macam strategi olahraga.

Selain pembibitan, lanjutnya, program kesiapan pelatih yang memenuhi kualifikasi dan sertifikasi kompetesi, penyediaan sarana dan prasarana, sampai masalah kesehatan dan gizi atlet juga harus diperhatikan.

Terkait dengan fasilitas olahraga di Medan, Akhyar mengatakan, Pemko Medan melalui instansi terkait akan mengundang segenap pemangku kepentingan berdiskusi untuk memaksimalkan fasiltas dan sarana yang ada.

Musorkot KONI Medan tersebut mengambil tema “Mari Kita Satukan Tekad Mewujudkan Medan Kota Atlet untuk Menyukseskan Prestasi pada PON XX 2020”. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey