Home / Medan / DPRD Medan Minta BPKAD Selesaikan Urusan Aset

DPRD Medan Minta BPKAD Selesaikan Urusan Aset

Medan,25/2 (LintasMedan) – Dua aset Pemerintah Kota Medan, yakni Hotel Novotel Soechi di Jalan Cirebon dan Medan Mall di Jalan MT Haryono Kota Medan akan habis masa kerjasama Build Operate Transfer (BOT) pada tahun 2020.

Hotel Soechi pada tanggal 30 Juli 2020 dan Medan Mall di November 2020. Pemerintah sudah menyurati Hotel Soechi, dan mereka juga melaporkan barang-barang yang mereka kelola.

“Kita menurunkan inspektorat untuk melakukan audit, apakah gedung masih layak atau tidak,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan, Ahmad Syofyan, Selasa (25/2).

Inspektorat nantinya akan melihat bagian-bagian aset pada gedung hotel, merupakan bagian dari aset Kota Medan. Bila kedua aset telah habis masa BOT nya maka proses BOT selanjutnya akan dilakukan dalam proses lelang.

Peraturannya sekarang, kata dia, BOT itu harus di lelang. Maka nanti kita akan lelang BOT keduanya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Medan, Abdul Rahman menuturkan, agar BPKAD Kota Medan tidak main-main dengan kedua aset yang akan habis masa BOT nya.

Abdul menginginkan ini transparan, agar PAD bisa maksimal. Kalau memang BOT nya telah selesai, pastikan proses lelangnya transparan.

“Kami ingin PAD dari kedua aset itu harus jauh lebih besar dengan pihak pengelola yang baru. Logikanya, kalau ada pengelolanya yang baru yang bisa memberikan PAD yang jauh lebih besar, kenapa tidak,” tutur Abdul.

Anggota Komisi III lainnya, Hendri Duin, meminta agar komisi III dapat dilibatkan dalam proses penyaringan lelang BOT. Mereka ingin mengetahui seberapa besar kemampuan calon pengelola Hotel Soechi itu nantinya.

“Kalau ada mau BOT, supaya lapor dulu ke Komisi III, mana yang bisa lebih banyak memberikan PAD ke Kota Medan, tentu itu yang akan kita prioritaskan untuk ikut lelang. BPKAD harus serius dalam melakukan proses lelang BOT keduanya, harus terbuka dan jangan ada permainan disitu,” ujar Hendri.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey