Home / Medan / Dubes Belgia Kunjungi Provinsi Sumut

Dubes Belgia Kunjungi Provinsi Sumut

Dubes Belgia untuk Indonesia Stephane De Loecker (kiri) menerima cendera mata dari Sekda Provinsi Sumut Sabrina, di kantor gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Senin (24/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 24/2 (LintasMedan) – Duta Besar (Dubes) Belgia untuk Indonesia Stephane De Loecker dan rombongan mengunjungi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk menjajaki pengembangan kerja sama ekonomi dengan wilayah tersebut dan diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina di ruang kerjanya pada Senin.

“Ini adalah kunjungan pertama setelah transisi kepemimpinan. Saat ini masih sedikit kerja sama antara Belgia dan Indonesia. Salah satu tujuan kedatangan kami ingin mempertanyakan bagaimana proses kerja sama tersebut,” kata Dubes Belgia.

Menurut Stephane, sampai saat ini kerja sama antara Belgia dengan Indonesia masih tergolong relatif sedikit.

Karena itu, pihaknya menyatakan siap mengembangkan kerja sama dengan Indonesia termasuk Sumut, di antaranya dalam bidang pendidikan dan perdagangan.

Sementara itu, Kepala bagian Bea Cukai pada Kedubes Belgia di Jakarta Eddy De Cuyper, mengemukakan bahwa produk-produk ekspor Sumut berpeluang masuk pasar Belgia.

Khusus mengenai ekspor hewan yang dilindungi, pihaknya ingin dilakukan kerja sama dalam hal penegakan hukum.

“Kami merasa perlu penegakan hukum lebih lanjut dalam penanganan ekspor hewan yang dilindungi,” katanya.

Sedangkan Kepala Bagian Perdagangan untuk wilayah Flanders dan Brussels Marc Devrient juga mengemukakan tentang pentingya peningkatan kerja sama perdagangan antara Belgia dengan Indonesia.

Pihaknya menilai, Pelabuhan Belawan Medan merupakan pelabuhan yang strategis untuk dapat melakukan kerja sama ekspor dan impor.

“Kami mengharapkan adanya nota kesepahaman tentang kerja sama perdagangan luar negeri antara Belgia dengan Sumut, termasuk di bidang pertukaran teknologi dan sebagainya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Sekdaprov Sumut R Sabrina, menyatakan pihaknya siap meningkatkan kerja sama ekonomi, inbestasi, pendidikan dan teknologi dengan Belgia.

“Sumatera Utara memiliki banyak potensi investasi yang dapat dikerjasamakan dengan para investor dari luar negeri termasuk dari Belgia,” paparnya.

Ia juga berharap Kedubes Belgia di Jakarta dapat membantu mempromosikan potensi dan peluang investasi di Sumut kepada para investor di negera tersebut, antara lain sektor pariwisata, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pengolahan produk pertanian.

Disebutkannya, jumlah wisatawan Eropa asal Belgia yang mengunjungi Sumuit selama tahun 2019 tercatat sebanyak 882 orang.

“Saya berharap Bapak Duta Besar Belgia juga dapat mengenalkan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia kepada warga Belgia,” tambahnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey