Home / Headline / Nilai SAKIP Rendah, OPD Pemko Medan Diminta Tingkatkan Kinerja

Nilai SAKIP Rendah, OPD Pemko Medan Diminta Tingkatkan Kinerja

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution menyampaikan kata sambutan pada acara pembukaan rapat kerja pelaksanaan program pembangunan Kota Medan tahun 2020, di Medan, Senin (3/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 3/2 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk meningkatkan kinerjanya di tahun 2020, mengingat
pada tahun sebelumnya banyak OPD di lingkungan pemerintah kota (Pemko) setempat memperoleh nilai rendah dalam hal Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Masih ada sejumlah OPD di lingkungan Pemko Medan yang memiliki nilai rendah dan bahkan sangat rendah berdasarkan hasil penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP),” katanya di Medan, Senin (3/2).

Akhyar mengungkapkan hal itu dalam kata sambutan ketika membuka rapat kerja pelaksanaan program pembangunan Kota Medan tahun 2020.

Ia mengingatkan hasil penilaian SAKIP tersebut menjadi cerminan dan koreksi bagi OPD untuk segera melakukan perbaikan.

“Saya tidak mau ada yang saling menyalahkan. Saya minta hasil penilaian ini menjadi cerminan dan koreksi bagi kita semua,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Akhyar juga meminta seluruh OPD agar mengevaluasi dan melakukan perbaikan sehingga hasilnya menjadi baik.

“Sebab manusia yang paling sial itu tidak mau memperbaiki diri. Jadikan penilaian itu sebagai i’tibar bagi kita semua,” tegasnya.

Sebagai pemegang amanah, lanjutnya, pimpinan OPD juga harus berkualitas dan mampu menggerakkan masyarakat serta mampu melihat kondisi yang terjadi di tengah masyarakat.

“Jadi modal terbesar penggerak pembangunan adalah pimpinan OPD. Untuk itu saya minta seluruh pimpinan OPD agar dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, penilaian SAKIP mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP.

Selain itu, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 tahun 2015 tentang pedoman evaluasi atas implementasi SAKIP.

Pada kesempatan itu, Plt Walikota Medan juga mengajak seluruh pimpinan OPD untuk mewujudkan tema yang diusung dalam rapat kerja pelaksanaan program pembangunan Kota Medan tahun 2020, yakni “Mengoptimalkan Kinerja Pembangunan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Ruang Kota, Pelayanan Publik dan Penataan Wilayah”.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Medan Irwan Ritonga dalam laporannya mengungkapkan, rapat kerja tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk mengkoordinasikan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan agar lebih menjamin tercapainya target pembangunan sesuai dengan dokumen perencanaan.

“Tujuan digelarnya rapat kerja ini guna memastikan seluruh kegiatan OPD di lingkungan Pemko Medan dapat dilaksanakan tepat waktu dan tepat sasaran,” ucap dia. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey