Home / Medan / Pemko Medan Bahas Solusi Masalah Stunting

Pemko Medan Bahas Solusi Masalah Stunting

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution (kedua kanan) saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan Intervensi Stunting Terintegrasi Tahun 2020, di kantor walikota Medan, Jumat (21/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 21/2 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan membahas solusi masalah stunting yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang pada anak mulai dari dalam kandungan.

“Penanganan stunting dirasa penting karena stunting berdampak pada kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit dan pada akhirnya mengakibatkan produktivitas yang rendah,” kata Pelaksana tugas Walikota Medan khyar Nasution di Medan, Jumat (21/2).

Akhyar mengemukakan hal itu dalam rapat koordinasi pelaksanaan Intervensi Stunting Terintegrasi Tahun 2020 sekaligus membahas persiapan kunjungan Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian ke lokasi stunting di Kelurahan, Binjai Kecamatan Medan Denai, pada pertengahan Maret mendatang.

Menurut dia, diperlukan penguatan pemerintah pusat maupun daerah dalam mencegah kasus stunting seperti membangun infrastruktur yang terkait dengan kesehatan serta memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan perilaku hidup sehat.

“Dalam lingkup terkecil seperti dalam tingkat lingkungan, kelompok dasawisma harus mendata jumlah anak stunting di lingkungannya, sehingga dapat cepat ditangani,” ujarnya.

Karena itu, ia meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar terus melaksanakan tugas secara terintegrasi dalam upaya menurunkan angka stunting di Medan.

Adapun intervensi penanganan stunting yang terintegrasi adalah dengan menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat, penyediaan air bersih dan sanitasi.

Dikatakannya, sanitasi dan sarana air minum harus berpasangan, sehingga perlu adanya perencanaan yang baik.

Upaya tersebut, lanjut Akhyar, sejalan dengan tekad Pemko Medan mewujudkan ibu kota Provinsi Sumut itu bebas stunting.

Turut hadir dalam rapat tersebut, seluruh pimpinan OPD di Lingkungan Pemko Medan, Camat dan Lurah se Kota Medan, pengurus TP PKK Kota Medan serta petugas puskesmas se Kota Medan. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey