Home / Medan / Pemko Medan Ingin Perkuat Kerja Sama dengan Jepang

Pemko Medan Ingin Perkuat Kerja Sama dengan Jepang

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution bersama para konsul dari berbagai negara sahabat dan sejumlah tokoh berfoto bersama dengan Konjen Jepang Takeshi Ishii di sela mengikuti prosesi acara perayaan Hari Ulang Tahun ke 60 Kaisar Jepang, Naruhito, di Medan, Rabu (19/2). (Foto: LintasMedana/ist)

Medan, 19/2 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan ingin terus memperkuat kerja sama di berbagai bidang dengan Pemerintah Jepang dan lembaga non pemerintah di negara itu yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Pernyataan itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution saat menghadiri resepsi perayaan Hari Ulang Tahun ke 60 Kaisar Jepang, Naruhito yang digelar Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Rabu (19/2).

Akhyar yang hadir bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan disambut penuh keakraban dan kehangatan oleh Konjen Jepang di Medan Takeshi Ishii.

“Melalui momentum perayaan hari ulang tahun Kaisar Jepang, kita berharap hubungan kerja sama dengan Jepang ini dapat ditingkatkan lagi sehingga semakin baik dan harmonis lagi ke depannya,” katanya.

Disebutkannya, kerja sama antara Pemko Medan dengan Jepang sudah lama terjalin dengan baik dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, di antaranya hubungan sister city antara Medan dengan Kota Ichikawa yang telah berjalan selama 30 tahun.

Pada kesempatan itu, Plt Walikota Medan mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kaisar Naruhito dan mendoakan agar Sri Baginda Kaisar Jepang yang dilantik 1 Mei 2019 itu senantiasa diberi kesehatan, sehingga era kekaisaran baru yang diberi nama “Reiwa” atau harmoni yang indah selalu berjalan dengan baik dan penuh kebahagiaan.

Sementara itu Konjen Jepang untuk Medan Takeshi Ishii dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kehadiran atas undangan pada resepsi Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang Sri Baginda Kaisar Naruhito.

Dikatakannya, Naruhito dinobatkan sebagai kaisar Jepang setelah ayahandanya Sri Baginda Kaisar Akihito turun dari tahta pada 30 April 2019.

Takeshi selanjutnya memaparkan, tahun 2020 ini diharapkan semakin mempererat hubungan Jepang dengan Sumatera Utara, termasuk Kota Medan.

“Saya berharap hubungan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini, seperti di bidang pertukaran ekonomi, budaya maupun lainnya dapat terus berkembang di era Kaisar baru Reiwa,” tuturnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey