Home / Medan / Ribuan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf MTQ Kota Medan 2020

Ribuan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf MTQ Kota Medan 2020

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution bersama unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Medan melepas peserta pawai Ta’aruf dalam rangka memeriahkan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 53 tingkat Kota Medan tahun 2020, di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (15/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 15/2 (LintasMedan) – Pawai ta’aruf dalam rangka memeriahkan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 53 tingkat Kota Medan tahun 2020 diikuti ribuan peserta kafilah dari 21 kecamatan.

Pawai peserta MTQ Kota Medan tahun 2020 tersebut dilepas oleh Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution dari depan arena MTQ di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (15/2).

Iring-iringan peserta pawai ta’ruf diawali dengan rombongan peserta yang mengenakan baju adat dari semua etnis di Kota Medan sebagai bentuk kerukunan umat meski berbeda suku dan agama.

Barisan kafilah yang mengenakan batik khas Medan turut diikuti kelompok marching band dan dipimpin langsung camat.

Dalam pawai ta’aruf tersebut, peserta dari Kecamatan Medan Barat membawa piala bergilir yang mereka raih pada MTQ Kota Medan ke 52 Tahun 2019 untuk diperebutkan kembali di acara serupa tahun 2020.

Selain diikuti para kafilah dari 21 kecamatan, pawai ta’aruf juga diikuti barisan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), pramuka, ibu-ibu pengajian, organisasi kepemudaan serta pelajar.

Hal menarik lainnya, sejumlah kesenian daerah lengkap dengan peralatan musiknya turut dihadirkan sejumlah kecamatan agar pawai ta’aruf lebih meriah.

Sejumlah warga tampak cukup antusias menyaksikan pawai ta’ruf yang berlangsung di tengah guyuran hujan deras tersebut.

Bahkan mereka turut memberikan tepukan tangan kepada setiap kafilah peserta MTQ ke 53 Kota Medan yang berlangsung mulai 15 Februari hingga 22 Februari 2020.

Iring-iringan pawai peserta ta’aruf ditutup dengan kafilah dari Kecamatan Medan Selayang selaku tuan rumah.

Selama acara berlangsung, Plt Walikota Medan tampak memberikan apresiasi dengan mengacungkan jempol kepada sejumlah kecamatan yang menampilkan kreatifitas di kontingen mereka.

Akhyar berharap pelaksanaan MTQ kali ini berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan qori dan qoriah terbaik yang nantinya mampu membanggakan nama Kota Medan di berbagai perlombaan, baik tingkat Provinsi Sumut maupun nasional maupun internasional.

Ia juga mengaku senang karena pelaksanaan MTQ disambut baik seluruh masyarakat seraya berharap MTQ dapat menjadi sarana dan wadah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan diri sekaligus perekat hubungan baik antar umat beragama yang saling menghargai dan bertoleransi.

“Alhamdulillah, meski di tengah hujan deras, pawai ta’aruf berjalan lancar. Selain sebagai rangkaian pembukaan MTQ, pawai ta’aruf ini juga menjadi wujud rangkuman keberagaman yang kita miliki,” tuturnya.

Khusus kepada setiap peserta, ia berharap dapat menampilkan dan memberikan yang terbaik dalam semua perlombaan. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey