Home / Medan / Akhyar Motivasi Pelajar Kembalikan Kejayaan Renang Medan

Akhyar Motivasi Pelajar Kembalikan Kejayaan Renang Medan

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengalungkan medali kepada para pelajar yang berhasil meraih prestasi dalam Kejuaraan Renang Antarpelajar memperebutkan Piala Walikoat Medan tahun 2020, di olam renang Tirta Marelan, Kelurahan Rengas Pulau, Senin (9/3). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/3 (LintasMedan) – Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution memotivasi para peserta Kejuaraan Renang Antarpelajar memperebutkan Piala Wali Kota Medan 2020 agar ikut berperan mengembalikan kejayaan Kota Medan dalam cabang olah raga renang seperti tahun 1970 hingga 1980-an.

“Sumatera Utara khususnya Kota Medan pernah menjadi kota pencetak perenang handal,” katanya saat menyaksikan kejuaraan lomba renang antarpelajar memperebutkan Piala Walikota Medan di kolam renang Tirta Marelan, Kelurahan Rengas Pulau, Senin (9/3).

Di hadapan ratusan peserta lomba renang dari kalangan pelajar SD, SMP dan SMA sederajat itu, Akhyar menyebutkan salah satu perenang handal asal Medan adalah Elvira Rosa Nasution.

Selain itu, Medan pada beberapa dasawarsa lalu juga sangat diperhitungkan dalam cabang polo air.

“Para atlet renang asal Medan itu bukan hanya mengharumkan nama Sumatera Utara saja, tetapi nama Indonesia di sejumlah event internasional,” paparnya.

Karena itu, Akhyar menyambut baik antusiasme para pelajar mengikuti kejuaraan renang memperebutkan Piala Wali Kota Medan tersebut.

Kejuaraan renang ini, menurut dia, dapat dijadikan momentum bagi generasi muda khususnya para perenang untuk menunjukkan bakatnya dan melatih diri didalam atmosfer kompetisi yang ketat.

“Saya berharap kompetisi ini menjadi ajang evaluasi atas latihan-latihan yang selama ini dilakukan. Teknik-teknik yang telah dikuasai disini lah harus dikeluarkan,” ujar Plt Wali Kota.

Ia menekankan bahwa keikutsertaan para perenang muda dalam berbagai kejuaraan merupakan salah satu upaya untuk menambah pengalaman bertanding sekaligus mengukir prestasi.

“Dengan banyak mengikuti kompetisi, anak-anak sekalian akan terlatih untuk berjuang dan meraih kemenangan,” ujar Akhyar.

Pada kesempatan itu, Plt Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada Yuliana selaku pemilik kolam renang Tirta Marelan dan Willy Simanjuntak selaku manager yang telah membentuk Tirta Marelan swimming club yang menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi diri khususnya pada olahraga renang.

“Terima kasih telah menyediakan fasilitas ini. Saya yakin kalau anak-anak serius belajar berenang dengan teknik yang benar, pasti kalian akan menjadi juara,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua panitia kejuaraan renang antarpelajar Jan Foster Sibarani, menjelaskan bahwa event itu memperlombakan nomor 50 m putra tingkat SD dan SMP serta 50 m putri tingkat SD, SMP dan SMA.

“Antusiasme para pelajar untuk mengikuti kejuaraan renang ini cukup menggembirakan. Semula kami menargetkan jumlah peserta sekitar 150 orang, tetapi ternyata bertambah menjadi 400 orang lebih,” ujarnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey