Home / Headline / Almarhum Hamdani Harahap Dikenal Gigih Advokasi Masyarakat Pencari Keadilan

Almarhum Hamdani Harahap Dikenal Gigih Advokasi Masyarakat Pencari Keadilan

Hamdani Harahap. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 1/3 (LintasMedan) – Pengacara senior yang juga Ketua Yayasan Citra Keadilan almarhum Hamdani Harahap dikenal sebagai sosok peduli dan gigih membantu masyarakat kecil yang ingin mendapatkan bantuan hukum.

“Beliau adalah sosok yang memiliki kegigihan dalam membantu masyarakat yang memerlukan keadilan dengan berpegang teguh pada kebenaran,” kata Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumut, Kemalawati AE saat melayat ke rumah duka Hamdani Harahap di komplek Veteran Laudendang, Kabupaten Deli Serdang, Minggu.

Hamdani Harahap meninggal dunia pada usia 59 tahun, pada Sabtu, 29 Februari 2020 karena penyakit jantung.

Menurut Kemalawati, Hamdani sejak mengawali karier di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan hingga menjelang akhir hayatnya banyak mengadvokasi masyarakat dalam upaya meletakkan duduk perkara.

Bahkan, ia menilai pria kelahiran Desa Hiteurat, Kabupaten Padang Lawas Utara pada 26 Juli 1961 itu tidak segan-segan membela masyarakat miskin dalam persidangan di pengadilan, meskipun berhadapan dengan temannya seprofesi.

Ia juga mengungkapkan bahwa Hamdani Harahap saat menjadi kuasa hukum BKOW Sumut banyak berperan dalam menghadapi gugatan Yayasan dan Pengadilan Negeri Medan, yang kemudian membatalkan gugatan tersebut.

“Keberanian Hamdani Harahap menyatakan kebenaran dalam memperjuangkan hukum layak dijadikan panutan,” ucap dia.

Ia juga mengungkapkan bahwa Hamdani Harahap juga berhasil menjadi pengacara BKOW Sumut dalam menghadapi gugatan Yayasan dan Pengadilan Negeri Medan, yang kemudian membatalkan gugatan tersebut.

Sementara itu, Guru Besar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Prof. Dr Syahrin Harahap saat memberikan sambutan pada acara pelepasan jenazah Hamdani Harahap, menilai Hamdani Harahap adalah sosok pejuang keadilan yang sangat dibanggakan.

“Kita semua kehilangan sosok yang tidak memandang uang dalam menyelesaikan masalah hukum, sosok yang menjadi tumpuan masyarakat untuk membantu masalah dihadapi,” tuturnya.

Syahrin Harahap yang juga Ketua Komisi Dakwah MUI Provinsi Sumut, mengemukakan bahwa Hamdani Harahap semasa hayatnya juga dikenal dan akrab dengan para ulama di daerah itu.

Karena itu, ia mengusulkan kepada jajaran pengurus MUI Sumut agar menjadikan Hamdani Harahap Ketua Lembaga Advokasi Umat Islam MUI Sumut. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey