Home / Medan / Cegah Virus Corona, PDAM Tirtanadi Siapkan Fasilitas Cuci Tangan

Cegah Virus Corona, PDAM Tirtanadi Siapkan Fasilitas Cuci Tangan

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri menggunakan fasilitas cuci tangan seusai acara penyerahan tangki air bersih dari PDAM Tirtanadi kepada seluruh kecamatan se Kota Medan, di halaman rumah dinas gubnernur Sumut Jalan Sudirman Medan, Senin (30/3). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 30/3 (LintasMedan) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bekerjasama dengan PT Bank Sumut menyiapkan fasilitas berupa tangki air untuk sarana cuci tangan bagi masyarakat guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Tangki air tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri kepada Gubernur Sumut yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut Edy Rahmayadi di Medan, Senin (30/3).

Selanjutnya, Gubernur Sumut menyerahkan fasilitas cuci tangan tersebut kepada lima orang camat selaku perwakilan seluruh camat di Kota Medan.

Tangki air itu diterima oleh Camat Medan Petisah Agha Nofriyan, Camat Medan Polonia Amran Sanusi Rambe, Camat Medan Barat Rudi Faizal Lubis, Camat Medan Tembung Ahmad Barli M Nasution dan Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar.

Penyerahan tangki air kepada perwakilan kecamatan di Medan itu turut disaksikan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan jajaran pejabat PDAM Tirtanadi, antara lain Direktur Air Minum Jhoni Mulyadi, Kepala Divisi (Kadiv) Sekretaris Perusahaan Tirtanadi Humarkar Ritonga, Kadiv Transmisi Distribusi Muhri, Kadiv Umum Nurlin, Kepala Litbang Adi Sucipto.

Tangki air itu diterima oleh Camat Medan Petisah Agha Nofriyan, Camat Medan Polonia Amran Sanusi Rambe Camat Medan Barat Rudi Faizal Lubis, Camat Medan Tembung Ahmad Barli M Nasution dan Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar.

Pada kesempatan itu, Gubernur minta kepada para camat agar turut menjaga fasilitas cuci tangan tersebut dengan baik dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Dengan demikian, kata Edy, masyarakat bisa menggunakan fasilitas cuci tangan itu sebagai pencegahan salah satu upaya dalam memerangi virus corona.

Ia menambahkan, salah satu cara efektif mencegah penyebaran COVID-19 adalah dengan sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan sabun dan air bersih selama minimal 20 detik atau dapat juga menggunakan cairan antiseptik.

Selain itu, untuk mengurai virus hindari pertemuan dengan orang banyak serta menggunakan masker jika sedang sakit, dan jika sakit sebaiknya berdiam di rumah dan batasi interaksi dengan orang lain.

“Jangan panik dan mudah terpancing dengan berita yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri mengatakan bahwa penyediaan fasilitas cuci tangan tersebut merupakan wujud nyata dan kepedulian Tirtanadi dalam mengantisipasi berkembangnya virus COVID-19 di Sumut, khususnya di Kota Medan dan sekitarnya.

“Fasilitas cuci tangan ini akan disebar ke setiap kecamatan di Kota Medan dan sekitarnya,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, mencuci tangan merupakan salah satu cara pencegahan penyebaran COVID-19.

Mencuci tangan dilakukan dengan menggunakan sabun dan air mengalir ke seluruh bagian tangan mulai dari telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, pinggir jari, hingga ujung kuku.

Trisno juga mengajak seluruh masyarakat berdoa agar wabah COVID-19 cepat berlalu sehingga aktifitas masyarakat kembali berjalan normal.

Camat Medan Barat Rudi Faizal Lubis, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PDAM Tirtanadi atas bantuan tangki air cuci tangan karena fasilitas tersebut saat ini sangat diperlukan untuk mencegah virus COVID-19.

“Kami sangat bersyukur diberikan tangki air cuci tangan, karena fasilitas ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk di Kecamatan Medan Barat,” tuturnya.

Pihak Kecamatan Medan Barat akan menempatkan fasilitas cuci tangan bantuan PDAM Tirtanadi dan PT Bank Sumut itu di sekitar Pasar Ikan Lama, Kelurahan Kesawan.

Tangki air
Direktur Air Minum yang juga sebagai Ketua Satuan Tugas Pencegahan COVID-19 PDAM Tirtanadi, Joni Mulyadi, membenarkan saat ini memang ada beberapa unit tangki air cuci tangan yang telah dioperasikan di beberapa titik di Kota Medan.

Namun, ia memastikan pengoperasian beberapa fasilitas cuci tangan itu tidak berkordinasi dengan pihak PDAM Tirtanadi dalam hal menjamin ketersediaan pasokan airnya.

Jika pengoperasian fasilitas cuci tangan tersebut mengambil jalur air dari pipa PDAM Tirtanadi, menurut Joni, pihaknya akan mengalami kehilangan atau losis air bersih.

“Perbuatan mengambil air bersih dari PDAM Tirtanadi tanpa izin melanggar peraturan dan dapat ditindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” ujarnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey