Home / Medan / DPRD Minta PNS Pemko Medan Dirumahkan

DPRD Minta PNS Pemko Medan Dirumahkan

Kantor walikota Medan. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 25/3 (LintasMedan) – Ketua DPRD Medan Hasyim menyampaikan rasa prihatin adanya pejabat Pemko Medan meninggal akibat virus corona baru-baru ini.

Atas dasar itu ia mendesak Plt Walikota Medan Akhyar Nasution dapat menjalankan instruksi dari pemerintah pusat, agar PNSmenggunakan sistim bekerja dari rumah.

“Kita menyampaikan prihatin yang mendalam atas peristiwa salah satu pejabat Pemko Medan menjadi korban covid-19. Agar tidak kembali ada korban DPRD mendesak walikota dan sekda bisa menjalankan instruksi dari pemerintah pusat,” kata Hasyim kepada wartawan Rabu (25/3) malam.

Ia menyesalkan sikap Pemko Medan yang terkesan tidak transparan, sebab masih ada PNS yang melakukan kunjungan ke luar daerah di tengah wabah corona saat saat ini.

Paddahal, kata Hasyim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sudah mengeluarkan instruksi agar PNS bekerja dari rumah guna menghempang penyebaran virus mematikan itu.

“Disini sudah jelas adanya aturan resmi tapi kenapa tidak dijalankan hingga akhirnya ada korban,” sesal Politisi PDIP ini.

Apalagi akibat peristiwa itu berdampak terhadap kekhawatiran di lingkungan PNS Pemko Medan sehinggamenjadikan suasana kerja tidak nyaman.

“Pemko Medan sendiri sudah menerapkan physical distancing berupa imbauan tidak keluar rumah kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran corona, tapi kenapa PNS tetap diwajibkan masuk kantor,” katanya.

Padahal, kata dia seharusnya Walikota Medan Akhyar Nasution memberikan contoh kepada warga dengan terlebih dahulu membuat aturan di lingkungan kerjanya sendiri. Namun justru tidak dijalankan.

Untuk itu Hasyim mendesak agar seluruh PNS di lingkungan Pemko Medan termasuk sekretariat DPRD segera diberlakukan sistem kerja dari rumah selama 14 hari.

Selain itu dia juga meminta tim Gugus Tugas Corona segera melakukan rapid test terhadap seluruh PNS Pemko Medan.

“Bila ini tidak segera dilakukan, maka akan membuat kekhawatiran,” ujarnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey