Home / Headline / Pemko: Belum Ada Warga Medan Tertular Virus Corona

Pemko: Belum Ada Warga Medan Tertular Virus Corona

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 3/3 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengimbau seluruh warganya agar tetap tenang menyikapi virus corona karena sampai saat ini belum ada satu pun warga di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu yang ditemukan tertular virus yang menyerang sistem pernafasan tersebut.

Siaran pers Humas Setdako Medan, Rabu (3/3), menyebutkan himbauan itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution untuk mencegah kemungkinan terjadi kepanikan di kalangan warga pasca ditemukannya dua warga Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada satu pun warga Kota Medan yang terindikasi virus corona,” kata Akhyar Nasution di sela melakukan kunjungan kerja ke Kota Semarang.

Meski demikian, pihaknya meminta warga Kota Medan untuk tetap tenang dan senantiasa terus meningkatkan kualitas kesehatan.

Pemko Medan bersama Pemprov Sumut, menurut dia, telah melakukan monitoring setiap warga yang datang dari wilayah endemik penyakit tersebut.

Monitoring dilakukan mulai dari pintu masuk Kota Medan baik di pelabuhan maupun bandara.

“Di samping itu, kita juga terus melakukan pemantauan ke rumah-rumah,” ujarnya.

Akhyar menambahkan, sebanyak 73 rumah sakit pemerintah dan swasta serta puskesmas di Medan telah melakukan pemantauan langsung untuk memastikan apakah ada warga yang mengalami gejala-gejala terjangkit virus corona.

Apabila ditemukan ada warga mengalami suspect atau terduga terjangkit virus corona, ia mengimbau kepada warga yang bersangkutan segera datang ke rumah sakit atau puskesmas terdekat guna selanjutnya dirujuk ke RSUP H Adam Malik Medan.

“RSUP H Adam Malik telah dipersiapkan untuk menangani apabila ada warga Kota Medan yang terindikasi virus corona,” paparnya.

Khusus kepada warga yang baru pulang dari wilayah endemik corona, jika merasa terserang gejala flu dan demam diingatkan agar tidak hanya sekedar minum obat biasa saja, melainkan harus segera mengecek kesehatannya ke puskesmas maupun dokter.

Upaya itu, katanya, penting dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Kami siap sedia melayani dan memberikan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya, mulai dari tingkat pelayanan kesehatan di puskesmas-puskesmas di 21 kecamatan,” tuturnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey