Home / Bisnis / Samera Optimis Pasar Properti 2020 di Medan Prospektif

Samera Optimis Pasar Properti 2020 di Medan Prospektif

Chairman Samera Propertindo, Adi Ming E. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 5/3 (LintasMedan) – Chairman Samera Propertindo, Adi Ming E menilai pasar properti hunian di Kota Medan dan sekitarnya tahun 2020 prospektif karena didukung kebijakan pemerintah yang mendorong pertumbuhan properti.

“Sektor properti diproyeksikan menjadi sektor yang cukup prospektif di sepanjang 2020,” katanya di sela perhelatan Samera Expo 2020 yang mengangkat tema “beli rumah ribet bukan budaya kita’, di Atrium Sun Plaza Medan, Kamis.

Menurut Edi, kebijakan pemerintah yang melonggarkan “loan to value` (LTV) atau persentase uang muka membuka kesempatan bagi para pencari properti untuk membeli rumah dengan uang muka yang serendah-rendahnya.

Kebijakan Bank Indonesia (BI) melonggarkan Giro Wajib Minumum (GWM) membuat pihak bank leluasa menyalurkan kredit KPR.

Rasio kredit pada agunan (loan to value) pun juga telah ikut dinaikkan sehingga uang muka atau down payment/DP rumah menjadi semakin ringan.

“Tentu saja ini memberi rangsangan yang cukup berarti, terutama untuk rumah tipe kecil dan menengah,” kata Adi Ming.

Berdasarkan survei BI, sekitar 70 persen masyarakat lebih menyukai KPR untuk membeli rumah, di mana tingkat DP semakin rendah seta cicilan juga semakin murah.

Secara umum, pasar properti di tahun 2020 tidak akan begitu terpengaruh dengan keadaan politik dan beragam isu lainnya.

Dengan demikian, pasar properti akan terus merangkak naik dan menuju pemulihan, sehingga saat ini dinilai merupakan waktu yang tepat untuk membeli properti, baik untuk tujuan dihuni maupun dipakai sendiri sebagai sarana investasi.

Adi Ming menekankan bahwa sudah menjadi tanggung jawab pemerintah, bank, dan pengembang untuk terus menjaga suasana optimisme di masyarakat.

“Mereka yang membeli rumah dua, tiga, atau empat tahun lalu, juga dihinggapi ketakutan serupa. Namun lihat apa yang terjadi saat ini, ekonomi tetap berjalan baik. Harga rumah pun ikut bergerak naik, berikut keuntungan yang tidak kecil tentunya,” paparnya.

Pihaknya juga menyatakan optimis penyelenggaraan Samera Expo 2020 yang digelar perusahaan pengembang Samera Propertindo di atrium Sun Plaza Medan akan menyambung dan menularkan optimisme serupa untuk sektor properti di Kota Medan.

Pameran properti ini yang menawarkan hunian dengan beragam desain dan tipe menarik tersebut berlangsung mulai dari 3 Maret hingga 15 Maret 2020.

Beberapa koleksi eksklusif Samera Propertindo akan dipasarkan dengan sejumlah kemudaha.

Samera Expo 2020 menawarkan, antara lain perumahan De Casa Villa, Padma Village, The Santa Fe, Samera Suites, De’ Samera, Villa Samera, Pergudangan Amplas Centre, City Suites, De’ Cluster, De Residence, dan yang teranyar dan paling viral baru-baru ini yaitu Sam City. Informasi lainnya lihat di Instagram resminya.

Perusahaan pengembang yang berbasis di Kota Medan berdiri sejak 2004 dan telah membangun berbagai properti, antara lain Villa Samera, De Casa Villa, Padma Village, The Suite dan sejumlah properti lainnya yang selalu laris manis karena memiliki konsep yang unik dan berbeda.

Samera Propertindo dikenal sebagai pengembang rumah untuk segmen menengah ke atas. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey