Home / Headline / Sumut Siagakan Lima Rumah Sakit Tangani Pasien Corona

Sumut Siagakan Lima Rumah Sakit Tangani Pasien Corona

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 2/3 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyiagakan lima rumah sakit rujukan untuk menangani pasien yang diduga terjangkit virus corona.

“Rumah sakit rujukan kita RSUP H Adam Malik. Ditopang oleh RS Haji, RS USU, RS Bhayangkara, RSUD Lubuk Pakam,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit kepada pers di Medan, Senin.

Menurut dia, kelima rumah sakit tersebut sudah siap dengan sistem penanganan jika ada temuan pasien yng diduga tertular virus corona.

Salah satu kesiapan yang dilakukan rumah sakit adalah dengan menyiapkan ruangan isolasi.

Ruangan isolasi yang disiapkan tersebut dipastikan sudah memenuhi standar untuk penanganan pasien yang tertulr wabah corona.

Terkait dengan adanya dua warga Depok, Jaw Barat yang dinyatakan positif terjangkit corona, Alwi mengimbau masyarakat di Sumut agar tetap waspada dan tidak perlu panik.

Ia menambahkan Pemprov Sumut akan memperketat pengawasan pintu masuk Sumut. Pengawasan bakal dilakukan di pintu masuk jalur laut, udara dan darat.

“Secara umum, kita bekerja sesuai juknis dari kementerian kesehatan. Pengawasan, tetap ketat. Hanya perlu tambahan untuk jalan masuk, di luar bandara dan pelabuhan,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dua orang warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus Corona (Covid-19). Saat ini kedua korban, ibu dan anak, ini ditangani di RS Sulianti Saroso.

Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia. WN Jepang itu diketahui positif virus Corona saat tiba di Malaysia.

“Ternyata orang (WN Jepang) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi di Istana Negara. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey