Home / Nasional / “Belajar dari Rumah” Ditayangkan TVRI Mulai Senin

“Belajar dari Rumah” Ditayangkan TVRI Mulai Senin

Ilustrasi – (Foto: LintasMedan/dok)

Jakarta, 10/4 (LintasMedan) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program “Belajar dari Rumah” di TVRI yang siarannya mulai ditayangkan secara nasional pada Senin pekan depan.

“Program Belajar dari Rumah mulai tayang di TVRI pada Senin tanggal 13 April 2020 dimulai pada pukul 08 pagi,” kata Mendikbud Nadiem Makarim pada telekonferensi peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, Kamis (9/4).

Ia menjelaskan, program Belajar dari Rumah di TVRI merupakan respons cepat Kemendikbud dalam mengatasi keterbatasan akses jaringan internet dan juga bahan pembelajaran dalam jaringan (daring) selama wabah Covid-19.

Upaya tersebut, lanjutnya, sejalan dengan semangat Merdeka Belajar.

Dikatakan Nadiem, program ini direncanakan dapat terselenggara setidaknya selama tiga bulan ke depan.

“Nantinya selain diisi dengan program pembelajaran untuk semua jenjang, program Belajar dari Rumah juga akan menyajikan program Bimbingan Orang tua dan Guru serta tayangan kebudayaan pada akhir pekan,” ujarnya.

Disebutkannya, konten atau materi pembelajaran yang disajikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, serta penumbuhan karakter peserta didik.
Kemendikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi mengenai program ini bersama dengan lembaga nonpemerintah.

Tidak hanya itu, dalam program ini juga ditayangan bimbingan untuk orangtua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu.

“Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19,” tuturnya.

Karena itu, pihaknya berharap program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi.

TVRI merupakan saluran gratis yang bisa dinikmati masyarakat di berbagai daerah, dan bisa dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan orang tua untuk membantu pembelajaran dari rumah selama pandemi Covid-19. (LMC-03/MI)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey