Home / Bisnis / Ketua Kadin Sumut Minta Perusahaan Hindari PHK Selama Pandemi Corona

Ketua Kadin Sumut Minta Perusahaan Hindari PHK Selama Pandemi Corona

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Utara Ivan Iskandar Batubara. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 15/4 (LintasMedan) – Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Utara (Sumut), Ivan Iskandar Batubara meminta seluruh perusahaan agar menjadikan kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai langkah terakhir setelah melakukan segala upaya dalam mengatasi dampak COVID-19 saat ini.

“Saat ini tidak ada opsi terbaik, tetapi ada yang baik. Hindari opsi PHK, sebagai alternatif mungkin bisa kita lakukan pengurangan insentif karyawan,” katanya saat memberi keterangan melalui video conference di sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, di Medan, Selasa (14/4).

Diakuinya, situasi dan kondisi yang dihadapi pelaku dunia usaha termasuk di Sumut sejak terjadi pandemi corona memang berat.

Kalangan pelaku dunia usaha, menurut dia, salah satu kelompok yang sangat terdampak selama terjadi pandemi COVID-19.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah, pengusaha dan pekerja perlu terus bekerja sama mencari solusi terbaik untuk mengatasi dampak COVID-19.

Khusus dalam upaya meringankan beban pelaku dunia usaha, pihaknya berharap perbankan menerapkan kebijakan, antara lain relaksasi kredit, resechuduling, keringatan penundaan pembayaran dan menurunkan bunga kredit bagi debitur yang terdampak COVID-19.

Ivan menambahkan, keterpurukan ekonomi dan bisnis akibat wabah COVID-19 bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga melanda sejumlah negara di dunia.

“Bukan hanya negara kita, seluruh negara juga kebingungan menghadapi situasi ini. Salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan pemerintah adalah proteksi sektor pangan,” tuturnya.

Di tengah situasi pandemi COVID-19 sekarang ini, kata dia, proteksi terhadap sektor pangan harus menjadi prioritas, baik dari sisi produksi maupun distribusi.

Salah satu cara memastikan baik produksi maupun distribusi bisa berjalan dengan lancar, antara lain stok pupuk terjamin, tidak ada penimbunan komoditas pangan, melindungi lahan pangan di sentra-sentra produksi, sosialisasi perlindungan kesehatan bagi para petani, nelayan dan lainnya.

“Karena bagaimana pun pangan adalah sumber kekuatan kita,” ujar Ivan. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey