Home / Medan / Medan Tetapkan Status Tanggap Darurat COVID-19

Medan Tetapkan Status Tanggap Darurat COVID-19

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 1/4 (LintasMedan) – Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution menetapkan status dari siaga menjadi tanggap darurat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) hingga 29 Mei 2020.

Siaran pers Humas Setda Kota Medan, Rabu (1/4), menyebutkan, perubahan status ini dituangkan dalam Surat Keputusan Wali Kota Medan Nomor 188.44/47.K/III/2020 tanggal 31 Maret 2020 tentang Status Tanggap Darurat Bencana Wabah penyakit Akibat Covid-19 di Kota Medan.

Perubahan status ini dilakukan sehubungan eskalasi orang terjangkit serta percepatan penanangannya yang membutuhkan cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergitas.

Pelaksana tugas Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan, biaya yang timbul akibat ditetapkannya keputusan tersebut dibebankan pada Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

“Perubahan status ini dilakukan untuk mendukung penanganan yang dilakukan, sekaligus mencegah semakin banyaknya warga yang tertular Covid-19 di Kota Medan,” paparnya.

Dikatakan Akhyar, hasil analisis lapangan menunjukkan eskalasi kejadian peningkatan Covid-19 begitu cepat sekali, termasuk angka kematian yang cukup tinggi dari penderita positif Covid-19.

“Mobilitas penduduk yang masih banyak di luar rumah juga sangat berisiko untuk penularan COVID-19,” paparnya.

Terkait dengan perubahan status tersebut, Akhyar kembali mengajak seluruh masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

Selain itu, ia juga mengingatkan warga agar sering membersihkan tangan dengan mengunakan hand sanitizer maupun sabun, serta memakai masker ketika terpaksa harus keluar rumah serta menerapkan physical distancing (jarak fisik) minimal satu meter. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey