Home / Medan / Plt Wali Kota Medan Ajak Warganya Pakai Masker

Plt Wali Kota Medan Ajak Warganya Pakai Masker

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution (kanan). (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 6/4 (LintasMedan) – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengajak seluruh warganya termasuk seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota (Pemko) setempat mengenakan masker saat berada di luar rumah guna menghindari penularan virus corona baru penyebab COVID-19.

aily.com-Medan. Penyebaran virus corona atau covid-19 di Kota Medan semakin mengkhawatirkan. Bahkan ibu kota Provinsi Sumut ini masuk zona merah penyebaran covid-19 bersama Kabupaten Deli Serdang dan Kota Tanjung Balai. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengajak seluruh warga untuk menggunakan masker.

“Saya mengajak kita semua mulai saat ini untuk mulai menggunakan masker agar diri kita, keluarga, dan siapapun di antara kita agar tak tertular,” kata Akhyar, di Medan, Senin (6/4).

Diakuinya, persediaan masker di pasaran saat ini masih relatif minim, tetapi dia meminta masyarakat Medan agar mencari alternatif lainnya.

“Saya menyadari, pada saat ini ketersediaan masker masih terbatas di pasaran, namun kita jangan mati akal, gunakan apa yang ada sama kita,” katanya.

Menyikapi hal itu, menurut Akhyar, warga yang belum memiliki masker sebaiknya menggunakan sapu tangan untuk menutup hidung dan mulut saat berada di luar rumah.

“Gunakan sapu tangan, minimal untuk membatasi agar tangan kita tak terlalu sering menyentuh mata, mulut dan hidung kita,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan, hingga Minggu, 5 April 2020 tercatat ada 116 pasien dalam pengawasan (PDP) di daerah itu yang saat ini dirawat, 24 orang positif COVID-19.

Selain itu, sebanyak 714 orang dalam pengawasan (ODP) yang sudah melapor.

Sebagaimana diinformasikan, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) juga telah menyarankan penggunaan masker saat berada di luar rumah guna mencegah penularan COVID-19.

Anjuran tersebut berkaitan erat dengan banyaknya individu yang terserang COVID-19 dan tidak mengalami gejala sakit namun bisa menularkan virus corona. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey