Home / Headline / Warga Medan Diwajibkan Pakai Masker

Warga Medan Diwajibkan Pakai Masker

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution (kanan) memasangkan masker kepada salah seorang pengemudi becak bermotor di sela melakukan kunjungan ke kawasan Pusat Pasar Medan, Kamis (9/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/4 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mewajibkan warga di daerah itu memakai masker pada saat keluar rumah mulai 10 April 2020, guna mencegah penularan wabah corona atau (COVID-19).

“Mulai besok seluruh warga yang berada di Kota Medan diwajibkan untuk menggunakan masker. Upaya ini dilakukan untuk mencegah diri agar tidak tertular atau mungkin menularkan virus ke orang lain,” kata Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution di Medan, Kamis (9/4).

Akhyar menegaskan hal itu di sela meninjau aktivitas perdagangan dan harga bahan kebutuhan pokok di Pusat Pasar Medan.

Menurut dia, kebijakan mewajibkan warga memakai masker diterapkan untuk meminimalkan potensi penularan virus corona di Kota Medan yang saat ini telah masuk dalam zona merah COVID-19 dan setiap harinya angka kasus terjadi peningkatan.

Terkait dengan kebijakan tersebut, Plt Wali Kota menginstruksikan petugas Satpol PP untuk melakukan razia dan patroli rutin guna memastikan warga yang berada di luar rumah menggunakan masker.

Upaya ini, lanjut dia, dilakukan untuk mencegah diri agar tidak tertular atau mungkin menularkan virus ke orang lain.

“Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menggunakan masker. Jika kesulitan mendapatkan masker, manfaatkan sapu tangan. Jangan anggap sepele virus ini (COVID-19),” ujarnya.

Karena itu, pihaknya berharap seluruh warga dapat patuh, disiplin menggunakan masker dan berkomitmen untuk sama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19 di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

“(penggunaan masker) Ini sifatnya bukan lagi himbauan, tetapi sudah kewajiban,” katanya.

Bahkan, kata Akhyar, Badan Kesehatan Dunia atau Word Health Organization (WHO) juga telah mengeluarkan anjuran kepada seluruh masyarakat ahar ikut berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Di sela melakukan peninjauan ke Pusat Pasar Medan, Plt Wali kota juga membagikan masker serta menyempatkan diri berdialog dengan para pedagang dan menanyakan ketersediaan bahan kebutuhan pokok.

Para pedagang mengeluhkan turunnya omset penjualan mereka karena menurunnnya pembeli sejak terjadi pandemi COVID-19. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey