Home / Headline / Belasan Korban Luka Kebakaran Kapal Tanker di Belawan Dirawat

Belasan Korban Luka Kebakaran Kapal Tanker di Belawan Dirawat

Petugas berusaha memadamkan kobakaran api di kapal tanker MT Caglela, di Pelabuhan Belawan Medan, Senin (11/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 11/5 (LintasMedan) – Sebanyak 12 orang pekerja yang menjadi korban luka dalam peristiwa kebakaran kapal tanker MT Caglela di Pelabuhan Belawan Medan, Senin, masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Informasi yang dihimpun, kapal tanker yang terbakar merupakan milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan dan kebakaran berawal dari aktivitas perawatan tanki kapal.

Saat terjadi kebakaran, 12 pekerja yang menjadi korban luka tersebut bekerja di bagian atas atau di luar kapal.

“Jumlah pekerja galangan kapal PT Waruna yang sudah masuk rumah sakit pascakebakaran sebanyak 12 orang. Mereka saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit PHC Belawan,” kata Camat Medan Belawan, Ahmad SP.

Saat peristiwa terjadi, para petugas berupaya mengevakuasi puluhan anak buah kapal (ABK) dari dek kapal yang terbakar dengan menggunakan tangga darurat yang dibentangkan di samping badan kapal.

Sementara, sejumlah mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api di kapal tanker tersebut.

“Selain belasan mobil pemadam kebakaran, tiga unit kapal juga dikerahkan untuk proses pemadaman,” ujar Ahmad.

Kapal tanker MT Caglela sepanjang 250 meter tersebut sudah dua minggu dalam proses perbaikan di galangan kapal PT Waruna.

Kepala Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, Albon Sidauruk, menyatakan belum mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB tersebut.

“Kapal yang terbakar sedang dalam perbaikan dan diduga terbakar akibat percikan api,” ujarnya.

Sebelum api membesar dari kapal itu sempat terdengar beberapa kali suara ledakan.

Dia menambahkan petugas telah melakukan sterilisasi hongga radius 200 meter dari lokasi kebakaran guna memudahkan proses pemadaman api. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey