Home / Bisnis / Dinas Pariwisata Medan Perkenalkan Akun Pasar Kreatif

Dinas Pariwisata Medan Perkenalkan Akun Pasar Kreatif

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution (kedua kiri) mendengar paparan seputar program pasar kreatif Medan atau Medan creative market dari Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono (kiri), di Medan, Jumat (8/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 8/5 (LintasMedan) – Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan memperkenalkan program pasar kreatif Medan atau Medan creative market, yaitu akun group yang menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk memasarkan produknya.

Akun group ini diperkenalkan langsung kepada Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution, saat mengunjungi kantor Dinas Pariwisata Kota Medan, Jumat (8/5).

Dalam kunjungan tersebut, Plt Wali Kota Medan didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Renward Parapat, mendengarkan penjelasan dari Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono terkait akun group pasar kreatif ini.

Agus memaparkan, akun group Medan creative market yang berbasis Facebook merupakan sebuah wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk memasarkan produknya sehingga mereka dapat berkomunikasi langsung dengan para calon pembeli.

“Akun group ini baru dua hari kita buat, tetapi sudah 310 pelaku ekonomi kreatif yang mendaftar, dan ini ada sekitar 400-an yang sedang kita verifikasi,” kata Agus.

Melalui akun group ini, ia berharap akan semakin memudahkan para pelaku ekonomi kreatif dalam memasarkan produknya sekaligus berhubungan langsung dengan para pembeli.

“Dengan adanya akun group ini maka semakin memudahkan para pelaku ekonomi kreatif kita untuk memasarkan produknya sehingga dapat semakin mengembangkan usahanya.”kata Agus.

Disamping itu akun group ini juga dapat dijadikan acuan data jumlah pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan.

“Dari akun ini kita juga dapat melihat jumlah pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan karena group ini hanya di khususkan untuk para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan.”ujarnya.

Bidang ekonomi kreatif yang ditawarkan dalam akun group ini meliputi aplikasi dan pengembangan, permainan, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film dan animasi, fotografi, video, kerajinan tangan, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

Usai mendengar penjelasan dari Agus Suriyono tersebut, Plt Wali Kota Medan menilai ide pembuatan akun group ini sangat bagus karena menjadi sebuah wadah untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli.

“Idenya sangat bagus, karena kita terus berusaha mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Medan, kata Akhyar.

Ia juga menyarankan agar tampilan akun group ini dapat lebih disederhanakan sehingga masyarakat mudah untuk mencari produk yang diinginkan.

“Tampilanya harus lebih dipermudah misalnya dengan membuat kelompok dari tiap-tiap produk yang di promosikan, jadi masyarakat mudah mencari produk yang diinginkan,” kata Plt Wali Kota Medan. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey