Home / Headline / Longsor, Jalan Alternatif Medan-Simalungun-Dairi Terancam Putus

Longsor, Jalan Alternatif Medan-Simalungun-Dairi Terancam Putus

Jalan provinsi jurusan Desa Tongkoh – Barusjahe (persisnya di Desa Basam Karo) yang menghubungkan Medan-Tigapanah-Simalungun dan Dairi ini mengalami longsor dan rumah penduduk nyaris ambruk tergerus longsor.(Foto :LintasMedan/ist)

Medan, 6/5 (LintasMedan) – Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumatera Utara diminta segera memperbaiki jalan provinsi jurusan Desa Tongkoh – Barusjahe (persisnya di Desa Basam Karo) yang mengalami longsor. Jalan alternatif Medan-Simalungun-Dairi itu terancam putus, sebab hanya setengah badan jalan yang masih bisa digunakan.

“Akibat longsor yang berkedalaman lebih kurang 20 meter itu, jalan alternatif yang menghubungkan Medan-Karo menuju Sidikalang Dairi dan Simalungun nyaris putus total,” kata Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting kemarin.

Politisi PDIP ini mengungkap hampir setengah badan jalan amblas dan rumah penduduk di kawasan itu juga nyaris ambruk tergerus longsor.

Untuk itu dia mendesak dinas setempat segera melakukan perbaikan jalan tersebut sebelum jatuh korban.

Informasi jalan longsor ini, kata Baskami Ginting dari Bupati Karo Terkelin Brahmana yang sudah turun ke lokasi.

Menurutnya akibat jalan lonsor penduduk sekitar terpaksa diungsikan.

Longsor diduga terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi selama sepekan terakhir ini, sehingga jalan raya yang tergenang air perlahan-lahan menggerus jalan dan longsor yang mengakibatkan rumah warga nyaris ambruk.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey