Home / Kesehatan / Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Perlu Dicermati

Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Perlu Dicermati

Jakarta, 2/5 (LintasMedan) – Mata adalah satu di antara indera tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya, karena mata merupakan organ penglihatan pada diri kita.

Menjaga kesehatan mata menjadi sangat penting karena mata merupakan satu di antara organ penting untuk melakukan aktivitas atau tugas sehari-hari.

Namun cukup disayangkan, masih banyak kalangan yang tidak sadar untuk menjaga kesehatan mata, dan cenderung mengabaikannya. Padahal menjaga kesehatan mata cenderung mudah.

Seiring berkembangnya jaman, sering kali kita juga menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer atau layar handphone dengan berbagai alasan.

Hal tersebut tidak baik dilakukan. Karena semakin lama kita berada di depan layar komputer atau handphone, maka mata akan terlalu sering terkena radiasi layar yang dapat menganggu kesehatan mata.

Saat keadaan mata sudah mengalami masalah atau gangguan, untuk menyembuhkannya cederung lebih sulit daripada saat kita menjaganya agar tetap sehat.

Bahkan jika keadaan gangguan mata yang semakin memburuk akan berdampak cukup negatif. Bisa saja Anda akan kehilangan penglihatan karenanya.

Menjaga kesehatan mata bukanlah sesuatu hal sulit, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Beberapa di antaranya adalah rutin mengonsumsi makanan sehat dan beristirahat yang cukup saat menggunakan komputer.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada 6 cara menjaga kesehatan mata

1.Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi berbagai macam makanan sehat seperti buah dan sayuran adalah cara alami yang dapat dilakukan dalam usaha menjaga kesehatan mata.

Sayuran dan buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi, khususnya vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan menjauhkan mata dari berbagai gangguan serius.

Selain itu mengonsumsi sayuran seperti wortel yang mengandung tinggi beta karoten, akan menangkal berbagai macam masalah mata yang berkaitan dengan usia, seperti berkurangnya penglihatan.Menggunakan Kacamata Hitam
Menggunakan kaca mata hitam saat melakukan aktivitas di luar rumah di siang hari dapat melindungi mata dari paparan sinar UV, selain itu menggunakan kaca mata juga dapat melindungi mata dari debu.

2.Menggunakan Kacamata Hitam

Mata yang terlalu sering terpapar sinar UV dapat memiliki berbagai gangguan, beberapa diantaranya paparan sinar UV dapat menyebabkan katarak, kornea terbakar, hingga kanker mata.

Dengan hal itu, usahakanlah menggunakan kaca mata hitam saat bepergian keluar rumah di siang hari, agar mata dapat terjaga kesehatannya.

3.Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan jantung, namun juga dapat menganggu kesehatan mata. Karena asap yang dikeluarkan dari rokok mengandung berbagai macam bahan kimia berbahaya.

Saat mata terlalu sering terkena asap rokok, maka mata kita akan terpapar berbagai macam jenis bahan kimia. Pada akhirnya dapat menimbulkan gangguan pada mata, seperti katarak dan kerusakan saraf optik.

Kerusakan saraf optik yang menjadi semakin parah dapat menyebabkan penglihatan yang kabur, hingga kehilangan penglihatan atau kebutaan.

4.Hindari Menggunakan Lensa Kontak Terlalu Lama
Menggunakan lensa konta terkadang memang membantu penglihatan dan memberikan kesan indah bagi maata Anda. Namun menggunakannya terlalu lama dapat berdampak negatif pada kesehatan mata.

Batas aman dalam menggunakan lensa kontak adalah 8 jam. Jika saat menggunakan lensa kontak lalu mata Anda merasa kering segeralah teteskan cairan yang khusus disediakan untuk penggunaan lensa kontak.

5.Berolahraga Dengan Rutin
Berolahraga secara rutin tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh. Namun hal tersebut juga dapat menjaga kesehatan mata dan meminimalisasi risiko penyakit mata.

Berolahraga dapat mengurangi resiko kehilangan penglihatan karena tekanan darah tinggi dan obesitas. Dengan berolahraga tubuh akan terpacu untuk terus bergerak dan menjauhi tekanan darah yang tinggi.

6.Tidak Berada di Depan Layar Komputer Terlalu Lama
Tidak berada di depan layar komputer terlalu lama adalah cara yang cukup mudah untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan mata, dan menghindarkannya dari gangguan.

Terlalu lama di depan layar komputer atau handphone, dapat membuat mata kita mudah lelah dan terlalu sering terpapar radiasi layar, yang pada akhirnya mengakibatkan mata kering.

Selain itu jarak aman saat berada di depan layar komputer adalah 71cm, dan perhatikan tingkat kecerahan layar, sebisa mungkin mengaturnya tidak terlalu terang.(LMC/Net)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey