Home / Headline / 2021 Disbudpar Sumut Kembali Gencar Tingkatkan Wisman

2021 Disbudpar Sumut Kembali Gencar Tingkatkan Wisman

Rapat Dengar Pendapat Komisi E dengan lima instansi di jajaran Pemprov Sumut di antaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Selasa (21/7). (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 21/7 (LintasMedan) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara bertekad untuk kembali gencar menggeliatkan turis mancanegara (wisman) datang ke provinsi ini paska new normal setelah corona.

“Setidaknya tahun depan kita punya agenda besar pembangunan dengan tujuan untuk bisa mendongkrak iklim pariwisata di Sumut,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua saat Rapat Dengan Pendapat (RDP) dengan Komisi E DPRD Sumut, Selasa (21/7).

Selain Dinas Pariwisata dan Kebudayaan RDP dengan Komisi E juga menghadirkan empat instansi lainnya yakni Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Pndidikan, Dinas Sosial dan Badan Arsip Daerah.

Rapat diantaranya membahas tentang sejumlah program kerja kedepan.

Pada kesempatan itu Ria menjelaskan kepada DPRD Sumut, bahwa instansinya akan membangun gedung museum bertaraf internasional. Museum ini nantinya diyakini akan mampu menarik Wisman berkunjung ke Sumut.

Seperti diketahui, sejak diresmikan tahun 1982, museum negeri yang selama ini menjadi handalan Sumut belum pernah direnovasi.

“Sehingga museum itu nantinya akan benar-benar direnovasi dan dibangun secara total,” ucapnya.

Selain museum agenda lainnya yakni memindah Taman Budaya Sumut (TBSU) ke areal Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU). Taman Budaya tersebut nantinya akan dibuat seperti Taman Ismail Marzuki di Jakarta.

“Lokasi itu akan dibuka setiap hari, sejumlah paket wisata Sumut juga akan dipromosikan di situ,” ucap Ria.

Menurut Ria wacana pemindahan TBSU sudah mulai dilakukan bulan depan, selanjutnya akan terus dilakukan renovasi dan perbaikan.

Hadir dalam RDP anggota Komisi E di antaranya Rahmansyah Sibarani, Hendra Cipta, Jafaruddin Harahap dan Tia Ayu Anggraini.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey