Home / Medan / Anthony Sinaga : Saya Puas

Anthony Sinaga : Saya Puas

Anthony Sinaga (Foto:LintasMedan/irma)

Medan, 15/07 (LintasMedan) – Upaya hukum yang dilakukan Anthony Sinaga, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumut yang menggugat gubernur akibat dicopot dari jabatannya akhirnya berhasil.

Ia memenangkan gugatan itu dan resmi kembali menduduki jabatan eselon III, pada pelantikan, Rabu (15/7) di Kantor Gubernur Sumut.

Sebelum dicopot Anthony menjabat Kepala Bidang Perijinan Infrastruktur, Ekonomi dan Sosial pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sumut.

Ia sempat bikin heboh kalangan ASN, sebab sangat jarang terjadi pegawai yang dicopot dari jabatan melakukan gugatan seperti yang dilakukan Anthony.

“Saya puas dengan keputusan ini,” katanya menjawab pers usai dilantik. Kini dia ditugaskan ke Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias.

Anthony diamanahkan sebagai Kepala UPT Pelayanan Sosial Anak Gunung Sitoli Dinas Sosial Provinsi Sumut

Menurut Anthony, meski ditugaskan cukup jauh ke Pulau Nias dia merasa puas, karena itu merupakan amanah baginya sebagai ASN.

Tidak ada masalah, biar ditempatkan dimanapun, karena ini merupakan amanah,” ujarnya.

Anthony Sinaga selama ini hanya sebagai Fungsional Umum pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sumut. Ia menempati fungsional umum itu karena dicopot Gubernur Edy Rahmayadi dari jabatan eselon III sebelumnya sebagaimana Keputusan Gubernur Sumut Nomor 821/2019 tertanggal 17 Juni 2019.

Anthony kemudian mengadu ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dan pada 26 Agustus 2019, KASN dalam suratnya Nomor B-2818/KASN/8/2019 tentang Rekomendasi atas Pengaduan Dugaan Pelanggaran dalam Pemberhentian dari Jabatan atas nama Anthony Sinaga di lingkungan Pemprov Sumut, menganulir putusan pencopotan oleh Gubernur tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, R Sabrina usai, melantik Anthoni Sinaga mengatakan, pihaknya terus melakukan penilaian terhadap setiap ASN.

“Tidak selamanya orang akan menjadi salah, semua ada penilaiannya terhadap individu itu sendiri,” ujar Sabrina.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey