Home / Sumut / Dahlan Hasan Ciptakan Ide Kreatif Tangkal Virus

Dahlan Hasan Ciptakan Ide Kreatif Tangkal Virus

Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution saat melakukan terapi dengan alat Tariaq Fyrus yang merupakan hasil ciptaannya. (Foto:LintasMedan/Irwan Arifianto)

Madina, 29/7 (LintasMedan) – Wabah Covid-19 yang tengah menghantui dunia tak terkecuali di Sumatera Utara justru mendatangkan ide kreatif bagi Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution.

Bukan Dahlan namanya jika tak punya segudang ide. Termasuk di tengah pandemi Covid, ia menciptakan alat yang diyakini mampu meningkatkan imun tubuh.

Sebab menurut ahli medis serangan virus mematikan yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya itu bisa diantisipasi apabila imun tubuh seseorang dalam kondisi baik.

Dahlan termenung, hingga kemudian terlintas dalam pikirannya untuk menciptakan alat terapi dengan memanfaatkan sejumlah ramuan rempah tradisional ‘ratus’.

Ramuan tradisional dari berbagai rempah di antaranya serai, daun salam, sirih, kayu manis, dan jahe direbus dan diuapkan dengan menggunakan alat yang didesain dari stainles. Alat tersebut diberi nama “Tariaq Fyrus” atau’pencegah virus’ penawar racun.

Sedangkan air rebusan berasal dari sumber air panas yang diambil dari lokasi obyek wisata Sampuraga di Madina.

“Alhamdulillah, alat ini banyak digunakan masyarakat di sini dan sekarang sudah ada 14 unit di sumbangkan ke berbagai lokasi seperti mesjid, majelis taklim dan pondok pesantren,” kata Dahlan, kemarin usai melakukan terapi tariaq fyrus yang diletakkan di teras rumah dinas bupati.

Di lokasi itu, kata Dahlan juga banyak tamu yang telah menggunakan alat tersebut dan umumnya merasa puas dan bugar.

“Kalau badan capek-capek akan langsung terasa segar setelah lima menit digunakan. Keringat juga akan bercucuran keluar dan peredaran darah jadi lancar,” katanya.

Bahkan, kata pendiri obyek wisata “Raja Batu” dan Taman Siri-Siri ini, banyak warga yang sedang sakit seperti struk akan langsung merasa lebih baik setelah dua kali menggunakan Tariaq Fyrus.

Padahal, kata Dahlan alat ini sangat sederhana dan murah untuk pembuatannya namun manfaatnya cukup besar. “Paling hanya sekitar Rp14 juta untuk pembuatan 1 unit,” ujarnya.

Dia berharap Tariaq Fyrus bisa menjadi salah satu alat bantu mencegah semakin mewabahnya covid-19 di tanah air.

Apalagi, kata Dahlan tim dokter juga sudah meneliti secara ilmiah dan menyatakan alat yang menghandalkan sejumlah rempah tradisional itu diyakini bisa meningkatkan imun tubuh hingga kebal dari beragam virus termasuk covid-19.

Meski demikian Dahlan mengaku tak berniat membisniskan Tariaq Fyrus. “Mudah-mudahan alat ini bisa semakin banyak dan bisa di tempatkan di berbagai lokasi, serta digunakan masyarakat secara gratis,” ucapnya.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey