Home / Headline / Lokasi Sport Center Jadi Kota Baru Deli Serdang

Lokasi Sport Center Jadi Kota Baru Deli Serdang

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil meninjau lokasi yang akan di bangun sport center di Batang Kuis Deli Serdang , Rabu. (Foto:LintasMedan/ist)

Deli Serdang, 29/7 (LintasMedan) – Lokasi sport centre di kawasan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang diproyeksikan menjadi kota baru.

Selain dibangun gedung olahraga bertaraf internasional, di lokasi itu juga dilengkapi sejumlah pusat bisnis seperti hotel dan restauran.

Kawasan seluas 92,8 hektare (Ha) untuk sarana Sport Centre dan lahan 7,02 Ha untuk bisnis center akan terus dikembangkan.

“Ini akan menjadi kota baru di Deli Serdang dan kami juga telah berkoordinasi dengan Bupati Deli Serdang dalam menyiapkan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR),” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil meninjau lokasi itu, Rabu.

Hadir juga Kepala BPN Sumut Dadang Suhendi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan serta pejabat lainnya.

Lebih lanjut Edy menjelaskan di kawasan itu nanti akan dibangun jalur Kereta Api dan Moda Raya Terpadu (MRT). Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalulintas, juga akan dilakukan pelebaran jalan umum di kawasan tersebut.

Menteri ATR /Kepala BPN Sofyan Djalil menyampaikan dukungan dan meminta gubernur Edy Rahmayadi untuk melakukan pengawasan dalam proses pembangunan nantinya.

“Diharapkan seluruh bangunan dan konstruksi lainnya dapat kokoh dan bertahan lama,” ucapnya.

Kepala BPN Sumut Dadang Suhendi menyampaikan pihaknya beserta Pemrov Sumut segera menyelesaikan terkait adanya 332 waraga penggarap yang telah memanfaatkan lahan tersebut untuk bercocok tanam dan membangun tempat tinggal.

“Kita telah melakukan pendataan seluruhnya dan akan berkordinasi dengan Pemprov Sumut,” katanya.

Sedangkan Kepala Dispora Sumut Baharuddin Siagian menjelaskan dalam empat tahun ini Pemprov Sumut akan menyelesaikan pembangunan Sport Centre dengan stadion utama berkapasitas 75.000 penonton.

Pemprov Sumut akan melaksanakan pembangunan secara bertahap dimulai pada 2021.

Dijelaskannya pada 14 Agustus 2020 ini merupakan tahap pelaksanaan ground breaking. “Percepatan pembangunan ini untuk mengejar rencana Sumut menjadi tuan rumah PON ke-21 tahun 2024,” tegasnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey