Home / Hukum / Polisi Selidiki Dalang Demo Anarkis di Madina

Polisi Selidiki Dalang Demo Anarkis di Madina

Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi, saat memberikan keterangan kepada pers Rabu (1/7), terkait demo anarkis.(Foto:LintasMedan/ist)

Madina 1/7 (LintasMedan) – Aparat kepolisian hingga kini masih terus melakukan penyelidikan demo di Kabupaten Mandailing Natal yang menjurus anarkis.

Demo menuntut agar Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah dibagi tepat sasaran itu berlangsung rusuh. Demonstran bahkan membakar mobil Wakapolres Madina serta dua sepeda motor, saat dilarang memblokir jalan
lintas Sumatera Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara.

“Hingga saat ini masih dilakukan penyelidikan siapa dalang atau provokator yang mulai melakukan kerusuhan yang diawali aksi pelemparan terhadap aparat,” kata Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi, Rabu (1/7).

Ia juga mengatakan saat aksi berlangsung pihaknya telah melakukan tindakan persuasif .. Apalagi aksi tersebut melibatkan anak – anak, kaum ibu yang menggendong bayi dan para orangtua.

“Kondisi itu tidak memungkinkan bagi kita untuk melakukan tindakan keras karena ada wanita dan anak-anak di lokasi,” katanya.

Dia mengungkapkan pihaknya telah berusaha melakukan kordinasi dengan tokoh masyarakat dan kordinator aksi agar mau membuka blokade jalan.

“Sejak awal kami sudah memberikan pemahaman kepada pengunjukrasa agar tidak melakukan aksi blokade jalan, karena merugikan banyak pihak,” katanya.

Diduga ada sekelompok orang melakukan pelemparan ke polisi disaat Kapolres sedang memberikan pemahaman kepada massa sekitar pukul 17.10 Wib.

Lemparan batu tersebut membuat massa kucar-kacir sementara beberapa anggota kepolisian yang ada di lokasi dalam kondisi yang tidak siap hingga mengakibatkan 6 orang terluka.

Selanjutnya massa malah semakin beringas dan melakukan pengrusakan serta pembakaran.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey