Home / Sumut / DPRD Madina Minta Polisi Sikapi Tambang Emas Ilegal

DPRD Madina Minta Polisi Sikapi Tambang Emas Ilegal

Erwin Efendi Lubis

Madina, 4/8 (LintasMedan) – Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis berharap kepolisian bisa lebih objektif dalam menyikapi kegiatan tambang emas ilegal di Kecamatan Batang Natal, Selasa (4/8). 

Menurutnya harus ada kajian tentang pelaksanaan kegiatan tambang yang telah lama di kelola masyarakat tersebut.

Dalam hal ini Erwin menyadari tidak bisa serta merta kepolisian melakukan tindakan langsung karena akan berakibatkan timbulnya gesekan – gesekan di masyarakat.

“Kepolisian mungkin sudah melihat ke arah itu. Harus menggunakan cara lain dengan memberikan penerangan dan penjelasan,” katanya.

Direktur Walhi Sumut Dana Tarigan telah menyebutkan kegiatan tambang yang dikelola masyarakat sudah berdampak terhadap kerusakan lingkungan.

DPRD Madina sambung Erwin sudah berkali – kali menyurati Pemkab Madina untuk mengkaji tentang pelaksanaan kegiatan tambang itu namun belum ada upaya yang maksimal.

“Kita tidak menutup mata bahkan kita sudah 3 kali menyurati pemerintah untuk mengkaji kegiatan tambang masyarakat itu,” sebutnya.

Ia berharap jangan karena ada satu alasan lain kepentingan yang lain dikorbankan.

“Harus ditertibkan, kita harus sama – sama objektif, harus ada regulasinya yang bisa dipertanggungjawabkan,” singgung Erwin terhadap pemerintah maupun pihak penegak hukum.

Tambang emas ilegal di Kecamatan Batang Natal bukan lagi dikelola masyarakat secara tradisional namun sudah berskala besar dengan menggunakan banyak alat berat. Ada sebanyak 131 excavator yang telah beroperasi.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey