Home / Sumut / Pemprov Sumut Segera Tata Wilayah Sekitar Danau Toba

Pemprov Sumut Segera Tata Wilayah Sekitar Danau Toba

Wagub Sumut Musa Rajekshah saat berkunjung ke Tigaras, Jumat (31/7).(Foto:LintasMedan/ist)

Simalungun, 1/8 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus berupaya membenahi sektor pariwisata di daerah ini, salah satu dengan melakukan penataan seluruh wilayah sekitar Danau Toba.

Unesco baru-baru ini telah menetapkan Danau Toba sebagai Global Geopark, yang tentunya merupakan nilai tambah bagi wilayah ini dalam upaya mendongkrak iklim pariwisata Sumut.

“Potensi Danau Toba dan kawasan sekitarnya memang luar biasa indah dan pastinya sangat diminati wisatawana, ini harus ditingkatkan lagi dengan melakukan penataan,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumut saat melihat pemandangan Danau Toba dari Tigaras, usai menyerahkan satu ekor lembu kurban dan bantuan sembako kepada masyarakat di Masjid Al Himah Tigaras Simalungun, Jumat (31/7).

Wagub mengaku sangat takjub dengan keindahan pemandangan Danau Toba dari Tigaras.

Salah satu kawasan pelabuhan yang ada di Danau Toba ini, menurutnya juga memiliki potensi alam yang luar biasa dan dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata favorit, baik nasional maupun internasional.

“Salah satu geosite Geopark Kaldera Toba juga ada di sekitar Tigaras ini. Tentu ini bisa menjadi destinasi wisata untuk turis melihat secara langsung Danau Toba,” katanya.

Pemprov Sumut kata Ijek harus segera menata daerah-daerah yang berpotensi menjadi destinasi wisata yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba.

“Ke depan kita ingin menjaga mana-mana daerah yang menjadi lokasi sejarah terbentuknya Danau Toba. Masyarakat pun juga harus ikut ambil bagian dan sama-sama menjaga lingkungannya, alamnya, tumbuh-tumbuhan, kebersihan dan juga keamanan serta kenyamanan,” paparnya.

Saat ini, Danau Toba juga menjadi prioritas pembangunan nasional karena masuk dalam Proyek Strategis Nasional oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dikatakan Ijeck, peluang ini harus dimanfaatkan secara maksimal, karena tidak banyak daerah di Indonesia yang masuk ke dalam proyek tersebut.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey