Home / Medan / Akhyar Pimpin Penanaman Mangrove di Medan Labuhan

Akhyar Pimpin Penanaman Mangrove di Medan Labuhan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama sejumlah aktivis peduli lingkungan dan pelajar melakukan penanaman pohon di lahan tambak Jalan Batang Kilat, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (19/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 19/9 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Jalan Batang Kilat, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (19/9), memimpin gerakan penanaman pohon mangrove sebagai salah satu bentuk kepedulian mendukung kelestarian ekosistem di kawasan sekitar.

“Penanaman manggrove diharapkan mampu memberikan kontribusi menyumbangkan oksigen selama 24 jam penuh kepada warga sekaligus mendukung kelestarian ekosistem kawasan sekitar,” ujarnya di sela kegiatan penanaman tanaman bakau di lahan pertambakan tersebut.

Di lokasi itu, Akhyar bersama ratusan pelajar melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 800 batang.

Menurut Plt Wali Kota, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan penanaman pohon mangrove karena dinilai turut membantu Pemko Medan dalam upaya menjadikan Kota Medan lebih hijau.

Ia berpesan, penanaman yang dilakukan tidak hanya sekedar menanam semata tetapi harus diikuti pengawasan secara berkelanjutan, sehingga pohon mangrove yang ditanam tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Minimal pohon mangrove yang ditanam diawasi sebulan sekali. Rawatlah dengan baik dan penuh rasa cinta terhadap lingkungan sehingga pohon mangrove yang ditanam tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, pohon mangrove yang ditanam kelak memberi manfaat bagi warga sekitar.

Akhyar mengaku bahwa menanam merupakan kebiasaan yang telah dilakukannya sejak lama pada setiap ada waktu dan kesempatan luang.

Karena itu, ia berharap menanam ini dapat dikuti masyarakat, terutama memanfaatkan ruang kosong yang ada di lingkungan tempat tinggala masing-masing.

Jika semangat menanam ini dapat dilaksanakan masyarakat, ia menyatakan optimis Kota Medan akan menjadi lebih hijau.

Sebelumnya, Dewi Natadiningrat dari Rumah Sharaswaty Indonesia menjelaskan, penanaman pohon mangrove ini merupakan kegiatan lanjutan yang dilakukan Khadijah Saraswaty Indonesia guna mendukung program Pemko Medan yakni ‘Yok Bikin Cantik Medan’ sekaligus dalam rangka memperingati World Clean up Day 2020.

“Melalui kegiatan yang rutin dilakukan ini, kita berharap dapat mengajak dan mengedukasi masyarakat, terutama kaum muda untuk peduli dengan lingkungan, baik menjaga kebersihan maupun giat melakukan penghijauan,” ucap dia. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey