Home / Medan / Akhyar Tegaskan Pemko Medan Serius Tangani Banjir

Akhyar Tegaskan Pemko Medan Serius Tangani Banjir

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution menyampaikan sambutan pada acara silaturrahmi dengan sejumlah wartawan unit Pemko Medan di area Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Selasa (21/9). (Foto: LintasMedan/Irma)

Medan, 22/9 (LintasMedan) – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution menegaskan Pemerintah Kota (Pemko) setempat serius menangani yang kerap melanda sejumlah titik di ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu.

“Tahun 2021 ini semula sudah kita alokasikan anggaran untuk penanganan banjir, tetapi terpaksa ditunda karena anggarannya direfocusing untuk mempercepat penangangan COVID-19,” katanya dalam acara silaturrahmi dengan sejumlah wartawan unit Pemko Medan di area Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Selasa (21/9).

Menurut dia, refocusing dan realokasi anggaran bukan hanya terjadi pada program penanganan banjir, tetapi juga untuk sektor-sektor pembangunan lain yang telah direncanakan Pemko Medan.

Khusus untuk menangani genangan dan banjir yang kerap terjadi saat turun hujan, seperti di kawasan utara Kota Medan, pihaknya telah mewacanakan membeli lahan di beberapa titik untuk kolam retensi atau waduk.

“Atas nama Pemko Medan, kami minta maaf karena tidak banyak pembangunan yang dilakukan tahun 2020,” tuturnya.

Bukan hanya Kota Medan, kata dia, penundaan pembangunan juga terjadi di seluruh daerah di Indonesia.

“Insya Allah pembangunan akan kita lanjutkan kembali di tahun 2021. Untuk itu Saya mengajak rekan-rekan media untuk terus berperan dalam mengedukasi masyarakat melalui informasi agar disiplin dalam menjalani protokol kesehatan” kata Plt Wali Kota Medan.

Oleh karena itu, kata Akhyar, dibutuhkan dukungan semua pihak agar masyarakat disipilin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Kami juga meminta dukungan dari seluruh media untuk ikut serta membangun kedisiplinan dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi Pandemi COVID-19, salah satunya disiplin menggunakan masker ketika beraktifitas,” ucap dia.

Pada kesempatan itu, ia mengajak jajaran insan pers untuk ikut membangun sinergitas dan terus berperan dalam mengedukasi masyarakat melalui informasi agar disiplin dalam menjalani protokol kesehatan.

Akhyar menyatakan optimistis Kota Medan tidak kalah dengan kota lain di Indonesia karena sudah banyak hasil pembangunan yang telah dinikmati oleh masyarakat di wilayah itu.

“Dibutuhkan proses dan perencanaan matang untuk mewujudkannya sehingga Kota Medan dapat menjadi lebih baik dalam segala bidang dan manfaatnya dapat dirasakan secara luas dan merata oleh masyarakat<‘ katanya.

Sebelumnya itu, Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan Muhammad Edison Ginting, mengakui, acara silaturahmi dengan Plt Wali Kota Medan menjadi kesempatan untuk saling bertukar pikiran termasuk berdiskusi tentang pembangunan Kota Medan dengan stakeholders.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk ikut andil dalam pembangunan Kota Medan di samping memiliki tugas sebagai social control di tengah masyarakat,” ujar dia.

Edison atas nama sejumlah wartawan unit Pemko Medan menyampaikan terima kasih kepada Akhyar Nasution karena selama menjadi Plt Wali Kota Medan berhasil membangun hubungan baik dengan para jurnalis. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey