Home / Medan / Anggota DPRD Medan: Pembangunan Halte Jangan Merusak Estetika Kota

Anggota DPRD Medan: Pembangunan Halte Jangan Merusak Estetika Kota

Ilustrasi – Salah satu halte di Kota Medan. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 20/9 (LintasMedan) – Anggota Komisi IV DPRD Medan Edwin Sugesti Nasution mengingatkan Kepala Dinas Perhuhungan (Dishub) Kota Medan agar pembangunan 128 titik halte bus jangan sampai merusak estetika Kota Medan.

“Kita mendukung pembangunan halte bus tapi jangan melanggar estetika kota dan mengganggu pejalan kaki. Untuk itu harus melalui kajian yang matang,” katanya kepada wartawan, Minggu (20/9).

Pernyataan tersebut juga telah disampaikan Komisi IV DPRD saat melakukan rapat dengar pendapat dengan Kepala Dishub Medan Iswar, baru-baru ini.

Politisi PAN itu berharap tata letak bangunan halte jangan di trotoar atau di atas parit karena dikuatirkan dapat berdampak pada ketidaknyamanan warga, terutama pejalan kaki.

“Keberadaan dan tata letak maupun bentuk halte harus sesuai estetika Kota Medan sehingga membuat rasa nyaman kepada semua pihak,” kata dia.

Disebutkannya, banyak halte di Kota Medan saat ini tidak berfungsi bahkan merusak keindahan kota.

Bahkan, sebagian halte menjadi tempat berjualan sehingga warga enggan menggunakannya sehingga pembangunannya terkesan pemborosan anggaran.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPRD Medan, Kadishub Kota Medan Iswar memaparkan pihaknya mengajukan anggaran di P-APBD TA 2020 sekitar Rp5 miliar untuk mendukung sarana transportasi di Kota Medan.

Anggaran tersebut diusulkan Pemko Medan kepada Kementerian Perhubungan dalam rangka pengadaan trasportasi sistem Buy The Sirvice (BTS).

Guna mendukung pengadaan BTS tersebut, Pemko Medan berencana membangunan sejumlah halte di 5 koridor dengan tahap awal masing masing 2 halte setiap koridor.

Sedangkan kebutuhan halte berikutnya akan dilaksanakan pada tahun 2021. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey