Home / Headline / Bupati Madina Minta RSU Panyabungan Segera Beroperasi

Bupati Madina Minta RSU Panyabungan Segera Beroperasi

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution (Foto:LintasMedsn/ist)

Madina, 11/9, (LintasMedan) – Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution meminta RSU Panyabungan dibuka kembali setelah terisolasi akibat tenaga medis yang terpapar Covid-19.

Perintah segera beroperasi itu langsung disampaikan Bupati ke Direktur RSU Panyabungan drg Hj Bidasari MM, di hadapan Sekdakab Madina Gozali Pulungan, staf ahli dan para OPD di Aula Setdakab dalam rapat koordinasi Penanganan Penyebaran Virus Corona di Kabupaten Mandailing Natal, Jumat (11/9) sore.

“RSU harus diaktifkan kembali. Dokter dan tenaga medis yang negative kita harapkan bisa bekerja lagi melayani masyarakat,” harap Dahlan.

Kesepakatan memperhitungkan pada Senin RSU Panyabungan sudah bisa melayani masyarakat. Namun sebelum beroperasi Dahlan meminta semua ruangan harus dibersihkan sesegera mungkin.

Keputusan itu sempat mendapat sanggahan dari Direktur RSU Panyabungan, mengingat psikis tenaga medis tersebut juga termasuk ruang Ronsen dan Laboratorium yang masih diisolasi.

Untuk hal itu Bupati menyarankan melakukan kerjasama dengan RSU Permata. Bisa menggunakan dana desa jika diperlukan dan menghemat anggaran serta harus dipertanggungjawabkan.

“Jika memerlukan biaya kita bisa menggunakan sebagian dana desa. Ini darurat jadi diperbolehkan,” kata Dahlan.

Dahlan mengaku telah menyiapkan Bagas Godang untuk penempatan karantika yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang diperlukan.

Zona Merah

Akibat temuan Covid-19 di RSU Panyabungan dan kecurigaan terhadap penutupan kantor di Dinas PUPR beberapa hari, Mandailing Natal kini sudah dinyatakan zona merah.
Terkait hal itu Dahlan minta peran media ikut serta mendorong masyarakat untuk mentaati Protokol Kesehatan. Pemkab pun akan menerapkan sanksi jika masyarakat tidak tertib.

“Kita akan gebrak semua agar memakai masker. Kita juga akan terapkan sanksi jika tidak tertib. Apa boleh buat jangan menyesal,” katanya.

Mengenai sanksi sebut Dahlan peraturan tersebut sebenarnya sudah ada. Namun pihaknya masih meminta kesadaran masyarakat.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey