Home / Sumut / Dinas Ketapang Madina Programkan Stock Pangan 2021

Dinas Ketapang Madina Programkan Stock Pangan 2021

Taufik Zulhandra Ritonga (Foto:LintasMedan/M Irwan Arifianto)

Madina, 5/9
(LintasMedan) – Dinas Ketahanan Pangan Mandailing Natal saat ini sedang membuat design program cadangan pangan tingkat desa dan kabupaten sebagai jaminan stock pangan pada 2021 dalam upaya antisipasi di masa pandemi.

“Tentunya kita beranjak dari ketersediaan pangan kita bagaimana nanti bisa ada cadangan – cadangan pangan itu pada tingkat desa dan kabupaten,” kata Plt Kadis Ketapang Madina, Taufik Zulhandra Ritonga kepada Lintasmedan.com, Jumat (4/9).

Lumbung pangan tersebut direncanakan akan diisi dengan menggunakan sebagian dana desa agar di tingkat desa dan kabupaten nantinya memiliki jaminan stock pangan. Khususnya gabah yang paling dominan menjadi perhatian.

“Ini sedang kita buat satu design program bahwa para pimpinan OPD yang menangani dana desa dan Camat nantinya bersama kami mengisi lumbung pangan. Sehingga nanti ada jaminan stock dari pada pangan kita itu sendiri,” sebutnya.

Sebelumnya telah ada program – program bantuan yang telah disalurkan namun sifatnya dari provinsi seperti bantuan beras, telur dan bahan pokok lainnya. Hal ini menjadi dorongan Dinas Ketapang Madina untuk menyalurkan bantuan sendiri di samping cadangan pangan.

Namun ketika disinggung tentang krisis pangan, Ia menjelaskan saat ini kemungkinan bisa ditutupi.

“Bisa kita tutupi karena sebagaimana yang kita pahami bahwa produksi dari pada setiap beras kita setiap kali panen sudah bisa membutuhi dan memenuhi masyarakat Madina dalam satu tahun,” ujar Taufik.

Kalkulasinya menceritakan jika dalam satu tahun bisa dua kali panen, satu kali panennya itu bisa menjadi cadangan.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey