Home / Medan / DPRD Medan: Pembahasan Ranperda Terkendala COVID-19

DPRD Medan: Pembahasan Ranperda Terkendala COVID-19

Ilustrasi – Gedung DPRD Kota Medan. (Foto: LintasMedan/Irma)

Medan, 20/9 (LintasMedan) – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Medan, Edwin Sugesti Nasution, mengemukakan bahwa pihaknya terpaksa menunda pembahasan empat rancangan peraturan daerah (Ranperda) akibat pandemi COVID-19.

“Sebenarnya saat ini ada 4 ranperda yang dibahas oleh masing-masing komisi dan belum ada yang selesai. Pandemi COVID-19 menjadi salah satu kendalanya,” katanya kepada pers di Medan, Minggu (20/9).

Ia mengakui dalam kurun waktu satu tahun DPRD Kota Medan baru mampu mengesahkan satu Perda, yakni Perda tentang LKPJ Wali Kota Medan tahun 2019.

Menurut politisi PAN ini, inerja DPRD Medan secara keseluruhan tidak bisa dilihat hanya dari jumlah Perda yang dihasilkan.

“Persoalan lain itu ada di masing-masing komisi, kalau hanya dilihat dari jumlah Perda memang hanya satu yang baru dihasilkan. Sebenarnya kalau empat ranperda yang dibahas oleh masing-masing komisi rampung, kita akan masuk ke pembahasan 4 ranperda lainnya,” ujarnya.

Salah satu dari empat Ranperda yang masih dalam proses pembahasan adalah Ranperda RTRW (Rancangan Tata Ruang Wilayah).

Ketua Pansus RTRW DPRD Kota Medan, Dedy Aksyari, mengatakan, lambannya pembahasan Ranperda RTRW di Pansus yang dipimpinnya karena belum ada kesiapan dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

“Kami melihat Pemko sepertinya tidak siap dengan pembahasan Ranperda ini. Mereka sepertinya kurang dalam penyediaan materi,” katanya.

Dedy mengaku, dengan posisi seperti ini kemungkinan pembahasan bisa berlarut. “Kalau mereka seperti ini kemungkinan pembahasan bisa berlarut,” jelasnya.

Dedy mengaku pihaknya masih melakukan pendalaman untuk menyelesaikan Ranperda RTRW ini termasuk melakukan konsultasi ke Kementerian Lingkungan hidup.

“Kita terus berupaya menyelesaikan ranperda ini, termasuk dengan berkonsultasi ke Kementerian Lingkungan Hidup,” paparnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey