Home / Kesehatan / Enam Gejala Sistem Imun Melemah

Enam Gejala Sistem Imun Melemah

Foto: Ilustrasi

Medan, 20/9 (LintasMedan) – Sistem imun menjadi salah satu faktor seseorang bisa melawan virus atau tidak. Hal itu kini menjadi penting karena pandemi tengah melanda dunia.

Ketika sistem kekebalan tubuh kuat, Anda bisa selamat dari virus yang datang, meskipun ada faktor lain juga, sebagaimana dilansir dari Penn Medicine, Minggu (20/9).

Ada enam tanda seseorang mempunyai imun yang lemah:

  1. Tingkat stres sangat tinggi.
    Bukan kebetulan jika Anda cenderung sakit setelah mengerjakan proyek besar di tempat kerja atau menghadapi situasi emosional di rumah.
  2. Selalu kedinginan.
    Orang dewasa yang bersin atau pilek 2 sampai 3 kali per tahun adalah hal yang normal. Selama waktu itu, sistem kekebalan membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan kuman yang mengganggu. Tapi jika Anda terus-menerus terkena flu atau pilek yang tidak kunjung sembuh dengan sendirinya, itu pertanda yang jelas bahwa sistem kekebalan Anda sedang berjuang untuk melawan.
  3. Merasa lelah sepanjang waktu.
    Jika Anda cukup tidur dan masih kelelahan, ada baiknya mempertimbangkan jika sistem kekebalan tubuh mencoba memberitahukan sesuatu. Saat sistem kekebalan Anda bermasalah, begitu pula tingkat energi Anda. Itu karena tubuh Anda berusaha menghemat energi untuk mengisi daya sistem kekebalan Anda sehingga dapat melawan kuman.
  4. Memiliki banyak masalah perut.
    Jika Anda sering mengalami diare, gas atau sembelit, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan Anda sedang terganggu. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 70 persen sistem kekebalan Anda terletak di saluran pencernaan. Bakteri dan mikroorganisme menguntungkan yang hidup di sana melindungi usus dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan. Jika jumlah bakteri usus bermanfaat itu sedikit dapat membuat Anda berisiko terhadap virus, peradangan kronis, bahkan gangguan autoimun.
  5. Luka lambat sembuh Kulit akan masuk ke mode kontrol kerusakan saat terbakar, terpotong, atau tergores. Tubuh Anda bekerja untuk melindungi luka dengan mengirimkan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk membantu regenerasi kulit baru. Proses penyembuhan itu tergantung pada sel kekebalan yang sehat. Tetapi jika sistem kekebalan Anda lemah, kulit Anda tidak dapat beregenerasi. Sebaliknya, luka Anda berlama-lama dan sulit sembuh.
  6. Sering mengalami infeksi.
    Jika Anda tampaknya sering melawan infeksi, sistem kekebalan Anda mungkin mengirimkan tanda bahaya. Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah kemungkinan besar terkena infeksi lebih sering daripada kebanyakan orang lain, dan penyakit ini mungkin lebih parah atau lebih sulit untuk diobati.

Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun dan menjaga kesehatan:

  • Jaga kebersihan dengan baik dengan cuci tangan.
  • Hindari orang yang sedang sakit.
  • Isolasi diri selama pandemi Covid-19.
  • Disinfeksi benda-benda rumah tangga.
  • Kelola stres.
  • Tidur yang cukup.
  • Makan makanan yang sehat.
  • Berolahragalah secara teratur.
  • Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen.
  • Jangan merokok. (LMC-05/KC)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey