Home / Headline / Gubernur Gandeng SMSI Percepat Pembangunan Sumut

Gubernur Gandeng SMSI Percepat Pembangunan Sumut

Pengurus SMSI Sumut foto bersama Gubernur Edy Rahmayadi usai beraudensi di rumah dinas Jalan Sudirman Medan, Selasa (8/9).(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 8/9 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi keberadaan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan diharapkan organisasi para pengusaha media ini turut berperan dan berkontribusi dalam pembangunan Sumut.

“Mari sama-sama berperan serta dan berkontribusi dalam pembangunan. Sumut ini sangat kaya tapi kita belum selesai dalam menghadapi sejumlah persoalan,” kata Edy saat menerima audensi para pengurus SMSI Sumut, Selasa (8/9) di rumah dinas gubernur Jalan Sudirman Medan.

Gubernur bahkan secara terbuka mengajak SMSI untuk berdiskusi serta memberi konsep dan masukan untuk membangun Sumut.

“Sebagai pemegang kendali saat ini, saya akan kerjakan jika konsep tersebut baik untuk pembangunan,” katanya.

SMSI, kata gubernur merupakan wadah media pers penyambung aspirasi masyarakat kepada pemerintah maupun penyampai program pemerintah kepada masyarakat.

Dia berharap SMSI terus bergerak dan memberi informasi kepada pemerintah khususnya terkait sejumlah persoalan sosial di wilayah ini.

Gubernur menegaskan agar pers tidak perlu takut pada apapun dalam menjalankan peran dan fungsinya di masyarakat. Sejalan dengan itu pers juga harus berpegang teguh pada kebenaran.

“Pers ini tidak boleh takut. Kalau pers takut akhirnya tidak objektif karena merasa takut ditangkap, takut dengan preman. Kita lihat bagaimana pers di luar negeri itu, mereka tidak peduli namun yang penting tetap berpegang teguh pada kebenaran,” kata Edy
dihadapan pengurus SMSI Sumut yang dipimpin ketuanya Ir Zulfikar Tanjung, Sekretaris Erris Napitupulu, Bendahara Irma Yuni SE.

Hadir juga penasihat Rony Purba, Drs H Agus S Lubis, serta fungsionaris lainnya yakni Agus Utama, Diurnanta, Iwan Manalu dan Ayu Kusumaningtyas.

Tidak hanya itu, Edy pun mengajak pers untuk mengawal Pemprov Sumut agar terus bekerja sesuai jalur, sehingga pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat dapat cepat terwujud.

“Pembangunan akan terwujud jika pers terus ikut mengawal kami untuk menuju ke sana,” ujarnya.

Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung menyampaikan, SMSI sedang menyiapkan diri untuk membuat iklim dunia media siber lebih kondusif ke depan.

Saat ini sudah ada lebih kurang 100 media siber yang bergabung menjadi anggota SMSI Sumut. “Selain itu SMSI juga telah diakui menjadi konstituen Dewan Pers pada Mei lalu,” ujar Zulfikar.

Disampaikan juga, pada 16 September 2020, SMSI akan mengadakan workshop mengenai media siber. Pesertanya adalah para wartawan media siber.

Pembicara yang akan hadir mulai dari Dewan Pers hingga Polda Sumut.

“Diharapkan workshop tersebut memberikan edukasi kepada wartawan media siber agar memahami bahwa mereka bukanlah pegiat medsos,” kata Zulfikar seraya juga melaporkan pada bulan ini SMSI Sumut memfasilitasi sejumlah anggotanya untuk Diverifikasi Faktual oleh Dewan Pers.

Turut hadir Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Hendra Dermawan Siregar, Sekretaris Dinas Kominfo Sumut M Ayub.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey