Home / Headline / Kemenpar Dorong Medan Jadi Destinasi Utama MICE

Kemenpar Dorong Medan Jadi Destinasi Utama MICE

Istana Maimun merupakan ikon Kota Medan dan menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang sudah cukup populer. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 25/9 (LintasMedan) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berupaya mengembangkan kota-kota besar di Indonesia, termasuk Medan menjadi destinasi utama wisata pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran atau meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE).

“Medan punya fasilitas memadai, seperti hotel berbintang, gedung konvensi, destinasi, dan jaringan penerbangan luas,” kata Kepala Bidang Promosi Area II (Sumatra) Asisten Deputi Regional I Kementerian Pariwisata, Kiagoos Irvan Faisal di Medan, Jumat.

Menurut Kiagoos, industri MICE dewasa ini mengalami perkembangan pesat di Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan terpilihnya Indonesia sebagai tempat dan host pelaksanaan berbagai event internasional.

Pihaknya berharapa, kota-kota besar di Indonesia selain Jakarta dan Bali dapat juga mengikuti jejak kota destinasi utama MICE.

“Medan juga bisa seperti Jakarta, Bali, dan juga Palembang. Potensi wisata di Medan dan daerah lainnya di Sumatera Utara sangat besar, seperti Danau Toba, atraksi budaya, wisata kuliner Medan, dan budaya yang sangat beragam,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Kiagoos, destinasi kawasan Danau Toba kini sedang ditata menjadi destinasi kelas internasional melalui pembentukan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Ia menambahkan, corporate market adalah pasar yang menjanjikan karena akan tetap memerlukan tempat atau venue untuk melakukan pertemuan dalam berbagai kondisi, sekalipun di tengah krisis.

Selain itu, pasar MICE secara ekonomi juga lebih menguntungkan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas karena umumnya pelaksanaan wisata MICE lebih terorganisir dengan dana yang cukup besar.

“Wisatawan MICE memiliki keunggulan karena mereka pada umumnya adalah opinion leader yang berasal dari kalangan pengusaha, profesional maupun pemerintahan, yang melakukan kegiatan pada saat low-season,” tuturnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey