Home / Headline / Pemko Medan Tidak Alih Fungsikan Eks TBSU

Pemko Medan Tidak Alih Fungsikan Eks TBSU

Komplek Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) di Jalan Perintis Kemerdekaan. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 24/9 (LintasMedan) – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menegaskan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan tidak akan mengalihfungsikan eks lahan maupun gedung Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) di Medan.

“Pemko Medan berkomitmen untuk tetap menjadikan gedung ini sebagai pusat pengembangan kesenian dan kebudayaan, bahkan direncanakan bertaraf internasional,” katanya saat berdiskusi dengan para seniman yang tergabung dalam Forum Urun Rembuk Seniman Kota Medan di TBSU Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Kamis (24/9).

Sebagaimana diketahui, TBSU telah direlokasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) ke komplek Tapian Daya di Jalan Gatot Subroto Medan.

Menurut Akhyar, Medan membutuhkan ruang seni dan budaya yang representatif sehingga dapat digunakan secara nyaman untuk masyarakat khususnya para seniman.

Pemanfaatan eks TBSU, lanjut dia, akan menambah sarana bagi masyarakat khususnya para seniman untuk dapat berekspresi dan berinovasi menyalurkan jiwa seni dan budayanya masing-masing.

“Kami masih terus berkoordinasi dengan Bapak Gubernur dan Pemprov Sumut agar lahan eks TBSU dikembalikan secara legalitas ke Pemko Medan, sehingga selanjutnya dapat dikelola sesuai dengan kewenangan yang dimiliki,” paparnya.

Jika lahan eks TBSU sudah diserahkan oleh Pemprov Sumut kepada Pemko Medan, maka akan dilakukan berbagai perbaikan dan pembenahan fasilitas pendukung kegiatan seni dan budaya.

“Ini komitmen kita bersama karena Kota Medan membutuhkan ruang kesenian dan kebudayaan sebagai simbol peradaban,” kata Akhyar.

Diakuinya, Medan masih kurang sentuhan nilai artistik dan humanis sehingga membuat ibu kota Provinsi Sumut itu seolah kehilangan ‘ruh’ dan ‘jiwa’nya.

Padahal, Medan secara fisik tidak kalah dengan kota-kota besar lain di Indonesia.
an,” kata Akhyar.

Karena itu, pihaknya mengajak seluruh seniman di kota tersebut agar menunjukkan kreatifitas dan kemampuan terbaiknya agar Medan dapat hidup, bukan hanya sekedar kerangka, tetapi menjadi kota yang memiliki jiwa.

“Kita ingin Kota Medan memiliki ikon, sehingga para seniman turut merasa bangga. Gunakan energi kita untuk menghasilkan seni dan budaya. Silahkan berkreasi, bereksplorasi untuk kota ini,” ujar dia. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey