Home / Bisnis / Perbankan Diharap Bantu UMKM Sumut Masuk Ekosistem Digital

Perbankan Diharap Bantu UMKM Sumut Masuk Ekosistem Digital

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina (ketiga kiri) menerima kunjungan Kepala Cabang Bank Mandiri Medan Balaikota Herizal dan rombongan, di kantor gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Jumat(17/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 18/9 (LintasMedan) – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut), R Sabrina berharap perusahaan perbankan membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu masuk ke ekosistem digital agar mereka lebih bisa bertahan di tengah lesunya ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19.

“Saya berharap perbankan jangkau dan rangkul UMKM kita memasuki ekosistem digital,” katanya saat menerima audiensi Kepala Cabang Bank Mandiri Medan Balai Kota Herizal dan rombongan, di kantor gubernur Sumut, Medan, Jumat (18/9).

Menurut dia, saat ini porsi UMKM Sumut yang berpindah ke wadah (platform) digital masih relatif sedikit, artinya masih banyak yang perlu didorong karena sebagaian besar masih melakukan cara-cara yang konvensional.

Sementara, pendekatan transaksi secara konvensional dinilai sulit mengingat bayang-bayang resesi ekonomi ini berbarengan dengan krisis kesehatan, yakni setiap orang diwajibkan untuk menjaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu kiat untuk mengatasi lesunya kinerja omset penjualan sektor UMKM di tengah pandemi COVID-19 saat ini adalah berpromosi dan bertransaksi dengan memanfaatkan secara online.

“Untuk itu, saya harap perbankan jangkau dan rangkul UMKM kita memasuki ekosistem digital,” ujar Sabrina.

Dalam pertemuan itu, Kepala Cabang Bank Mandiri Medan Balaikota Herizal, mengatakan Bank Mandiri memang memiliki banyak layanan untuk membantu UMKM, baik dari penyaluran kredit maupun peluncuran aplikasi dan lain sebagainya.

“Kami juga ingin menawarkan beberapa layanan yang bisa dilakukan kerja sama untuk mempermudah transaksi. Kami memiliki layanan untuk mempermudah pembayaran baik itu pajak daerah dan lainnya,” ujarnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey