Home / Headline / Percepat Penanganan COVID-19 di Sumut, BNPB Latih Relawan

Percepat Penanganan COVID-19 di Sumut, BNPB Latih Relawan

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (berdiri, ketiga kanan) bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang (keempat kanan), menyaksikan kegiatan pelatihan relawan penanganan COVID-19 yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di aula Universitas Sari Mutiara Medan, Rabu (23/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/9 (LintasMedan) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara menggelar pelatihan bagi relawan non medis untuk membantu proses percepatan penanganan COVID-19 di wilayah tersebut.

Program pelatihan bagi calon relawan yang akan bernaung di bawah Pos Gabungan Pencegahan COVID-19 BNPB tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di aula Universitas Sari Mutiara Medan, Rabu (23/9).

“Kehadiran relawan melalui Pos Gabungan Pencegahan COVID-19 BNPB bisa menjadi perpanjangan tangan Pemerintah,” kata Edy.

Ia mengingatkan, upaya penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19 harus dilakukan secara menyeluruh.

“Informasi dan sosialisasi harus sampai hingga ke lingkup terkecil dan pelosok wilayah,” ujarnya.

Diakuinya, pembentukan relawan yang direkrut dari kalangan masyarakat tersebut sangat berarti bagi Pemerintah Provinsi Sumut, karena mereka akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam rangka sosialisasi penanganan COVID-19.

Ia menambahkan, upaya penanganan COVID-19 di Sumut sudah mulai membaik yang dibuktikan dengan angka kesembuhan pasien Covid-19 dari 34,39 persen pada 31 Juli 2020 menjadi 60,28 persen pada 20 September 2020.

Angka kematian juga berhasil diturunkan dari 4,49 persen pada 31 Juli 2020 menjadi 4,25 persen pada 21 September 2020.

Rasio positivity rate atau persentase positif dari hasil pemeriksaan juga berkurang dari 17,51 persen pada 31 Juli 2020 menjadi 13,46 persen pada 21 September 2020.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan menjelaskan, Pos Gabungan Pencegahan COVID-19 merupakan langkah pencegahan penyebaran COVID-19 dengan mengedukasi masyarakat oleh para relawan yang telah mengikuti pelatihan.

“Pelatihan relawan ini merupakan bagian dari upaya kita membantu percepatan penanganan COVID-19 di Sumut. Konsep pencegahan dengan melibatkan unsur pentahelix,” paparnya.

Para relawan COVID-19 itu juga akan ikut membangun kesadaran masyarakat agar lebih disiplin menerapkan 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Kegiatan pelatihan relawan COVID-19 dijadwalkan berlangsung selama 10 hari dan setiap hari diikuti sekitar 200 peserta.

“Kita bekali mereka dengan pengetahuan dasar protokol kesehatan, komuniaksi publik dan sistem pelaporan melalui aplikasi untuk update kegiatan yang dilakukan di lingkungan masing-masing,” kata Lilik. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey