Home / Medan / Plt Wali Kota Medan Apresiasi Peran Aisyiyah Tangani TB

Plt Wali Kota Medan Apresiasi Peran Aisyiyah Tangani TB

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution menyampaikan kata sambutan pada acara pembukaan rapat koordinasi Community Tuberkulosis Care Aisyiyah Kota Medan, di gedung Dharma Wanita Medan, Rabu (23/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/9 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengapresiasi Aisyiyah Kota Medan yang ikut berperan membantu pemerintah kota (Pemko) setempat menangani penyakit tuberkulosis (TB) di daerah itu.

“Atas nama Pemko Medan, kami mengucapkan terima kasih untuk partisipasi, kepedulian dan kontribusi Aisyiyah Kota Medan dalam menangani masalah TB,” katanya di Medan, Rabu (23/9).

Akhyar menyampaikan hal itu dalam kata sambutan saat membuka Rapat Koordinasi Community Tuberkulosis Care Aisyiyah Kota Medan dengan perwakilan Kecamatan se Kota Medan.

Menurut dia, edukasi dan promosi kesehatan penyakit tuberkulosis perlu lebih gencar dilakukan kepada pasien, masyarakat dan keluarganya untuk mencegah penularan dan perkembangan penyakit.

“Upaya penanggulangan penyakit TB memang menjadi tanggung jawab kita bersama, salah satunya lewat upaya pencegahan melalui sosialisasi dan edukasi,” tuturnya.

Solusi mengatasi penyakit tuberkulosis tidak hanya melalui pengobatan hingga tuntas, tetapi juga diperlukan juga upaya deteksi dini warga yang memiliki gejala awal serta sosialisasi cara pencegahan penyakit menular ini tertular secara rutin.

Oleh karena itu, Plt Wali Kota menghimbau kepada para camat, lurah hingga kepala lingkungan agar meningkatkan koordinasi dengan para kader TB Care Aisyiyah sehingga masalah TB dapat teratasi dengan baik.

“Semoga segala niat baik yang dilakukan menjadi amal jariyah bagi kita. Selain itu, masyarakat juga dapat hidup sehat seperti yang kita harapkan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Aisyiyah Kota Medan Kholisani Nasution mengungkapkan Community TB Care merupakan program yang dijakankan Aisyiyah dalam bidang kesehatan.

“Sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah, kami memiliki tanggung jawab untuk ambil peran memerangi masalah TB. Ini demi kebaikan kita bersama,” katanya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey