Home / Headline / Sejumlah Restoran di Medan Melanggar Protokol Kesehatan

Sejumlah Restoran di Medan Melanggar Protokol Kesehatan

Tim Monitoring Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang) memberi surat teguran administratif kepada pengelola salah satu restauran di kawasan Komplek Multatuli , Kota Medan, Jumat (18/9) malam. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 19/9 (LintasMedan) – Petugas yang tergabung dalam Tim Terpadu Monitoring Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan COVID-19 Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang), menegur sejumlah pemilik dan pengelola restoran karena dalam menjalankan usahanya mengabaikan protokol kesehatan.

“Ada sepuluh restoran yang diberi teguran tertulis karena tempat usahanya tidak menerapkan protokol kesehatan,” kata Wakil Ketua Tim Monitoring Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan COVID-19 Kolonel Inf Azhar Mulyadi, usai memimpin razia di Medan, Jumat (18/9) malam.

Ia memaparkan, restoran-restoran itu terbukti melanggar protokol kesehatan karena menggelar tempat duduk yang masih rapat, tidak ada fasilitas cuci tangan bahkan ada pengunjungnya tidak mengenakan masker.

Teguran kepada restoran yang tidak menerapkan protokol kesehatan merupakan bagian dari upaya mendisiplinkan para pelaku dunia usaha dan masyarakat agar mereka mematuhi protokol kesehatan, termasuk usaha yang beroperasi di malam hari.

Selain restoran, kata Azhar, tim terpadu juga memberikan teguran tertulis kepada dua tempat hiburan malam dan puluhan toko di Kecamatan Medan Polonia .
Bukan hanya itu, puluhan warga yang kedapatan tidak menggunakan masker juga diberi sanksi fisik seperti push-up.

“Saat melakukan razia di sejumlah tempat hiburan malam, kami menemukan ada dua lokasi hiburan malam yang tidak menerapkan protokol kesehatan sehingga diberikan teguran tertulis” ujar dia.

Azhar menambahkan, pihaknya pada hari yang sama juga menyasar sejumlah warung yang ramai dikunjungi pelanggan di kawasan Jalan KL Yos Sudarso Pulo Brayan, Jalan Gaperta dan Jalan Gatot Subroto.

Di lokasi tersebut banyak ditemukan pedagang kaki lima, pembeli, pengamen hingga petugas parkir yang tidak memakai masker, sehingga diberi sanksi tegas berupa push-up dan membacakan teks Pancasila.

“Kegiatan razia ini akan terus dilakukan hingga tingkat disiplin masyarakat dan protokol kesehatan benar-benar dilaksanakan secara konsisten oleh segenap lapisan masyarakat,” ujarnya.

Turut serta dalam razia tersebut, antara lain Ketua Satgas Pengendalian Pendisiplinan Protokol Kesehatan Mebidang Arsyad Lubis, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Irman Oemar dan Plt Kasubbag Pemberitaan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Salman Tanjung. (LMC-03)

Tim Monitoring Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang) memberi surat teguran administratif kepada pengelola salah satu restauran di kawasan Komplek Multatuli , Kota Medan, Jumat (18/9) malam. (Foto: LintasMedan/ist)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey