Home / Headline / Sumut Klaim Kapasitas Tes Swab 2.682 Sampel Per Hari

Sumut Klaim Kapasitas Tes Swab 2.682 Sampel Per Hari

Ilustrasi: Pengujian sampel vaksin Covid-19. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 28/9 (LintasMedan) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) menyatakan, kapasitas tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di wilayah itu bisa mendeteksi material genetik virus corona atau COVID-19 sebanyak 2.682 sampel dalam sehari.

“Dalam sepekan terakhir, GTPP COVID-19 Sumut berhasil menguji 18.775 sampel atau 2.682 uji sampel per hari,” kata juru bicara GTPP COVID-19 Sumut, Whiko Irwan dalam keterangan melalui live streaming di Medan, Senin (28/9).

Disebutkannya, kapasitas uji swab tersebut meningkat sekitar 10.000 sampel dibanding beberapa minggu sebelumnya.

Bahkan pada tahap II selama Juli 2020, kapasitas uji swab hanya sekitar 3.000 sampel per minggu.

Dari hasil pemeriksaan swab PCR masif tersebut, lanjut Whiko, dideteksi angka COVID-19 yang relatif meningkat.

“Angka COVID-19 relatif meningkat, namun kita tidak perlu berkecil hati karena penderita yang sembuh juga relatif lebih banyak, demikian juga dengan angka kematian yang menurun,” paparnya.

Data per tanggal 28 September 2020 konfirmasi positif di Sumut mencapai angka 10.123 kasus, meningkat 670 kasus dibanding minggu lalu dan suspek 948 orang.
Sedangkan untuk kesembuhan meningkat 812 kasus dengan total 6.635 dan meninggal minggu ini 21 orang. Total spesimen yang telah diuji GTPP Covid-19 Sumut saat ini 89.294.

Ia menambahkan, GTPP COVID-19 Sumut terus berupaya memutus penyebaran penularan virus corona.

Selain gencar melakukan sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan, pihaknya juga meningkatkan testing, tracing dan treatment (3T) dengan memperkuat kapasitas pengujian sampel swab.

Selain itu, Whiko juga mengingatkan kepada masyarakat terutama pemilik usaha untuk menerapkan protokol kesehatan.

Pemprov Sumut bersama Pemkab dan Pemko gencar melakukan penindakan dan pendisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Petugas gabungan terus berupaya menegakkan disiplin protokol kesehatan di tempat-tempat umum seperti jalan raya, rumah makan, kafe dan hiburan malam.

Bagi setiap pelanggar protokol kesehatan akan mendapatkan sanksi teguran sampai denda dan pencabutan ijin usaha.

“Kita harus menyadari saat ini kita hidup berdampingan dengan COVID-19. Untuk itu marilah kita melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 dengan cara gunakan masker pelindung hidung dan mulut, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan hindari kerumunan,” tuturnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey