Home / Medan / Sumut Terus Berusaha Meningkatkan Ketersediaan Kantong Darah

Sumut Terus Berusaha Meningkatkan Ketersediaan Kantong Darah

Wagub Sumut Musa Rajekshah yang juga Ketua PMI Medan mengikuti kegiatan donor darah di Medan, baru-baru ini. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 16/9 (LintasMedan) – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah, mengatakan pihaknya terus berusaha meningkatkan ketersediaan darah selama masa pandemi COVID-19 ini, untuk menjaga persediaan dalam memenuhi permintaan darah dari warga.

“Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, warga tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya dan kami pastikan aman dari penularan virus tersebut, karena petugas yang memberikan pelayanan tentunya sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” katanya, di Medan, Rabu (16/9).

Menurut dia, ketersediaan kantong darah di Sumut selama masa pandemi COVID-19 mengalami penurunan, tetapi jumlahnya tidak signifikan dan masih mencukupi kebutuhan, khususnya di Kota Medan.

Musa Rajekshah yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, menambahkan, penurunan stok kantong darah bukan hanya di Kota Medan, tetapi juga terjadi di hampir seluruh unit transfusi darah (UTD) PMI di Indonesia.

Sebelum pandemi COVID-19, kata dia, PMI Kota Medan biasanya mampu mengumpulkan 6.000 kantong darah setiap bulan.

Namun, saat ini stok darah yang tersedia di PMI Kota Medan hanya 4.000 kantong dan itu masih mencukupi bagi PMI Kota Medan.

“Hanya saja yang biasanya kita bisa kirim ke kabupaten/kota lain, saat ini hanya untuk (kebutuhan) di Kota Medan saja,” paparnya.

Karena itu, lanjut dia, upaya pengumpulan donor darah akan terus digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Langkah yang dilakukan oleh PMI Kota Medan di masa pandemi COVID-19 adalah dengan menerima darah dari pendonor aktif atau yang rutin menyumbangkan darahnya ke PMI.

Selain itu, PMI Kota Medan juga aktif mendatangi berbagai organisasi dan instansi pemerintah atau swasta serta TNI/Polri, termasuk juga rumah ibadah.

Mengenai rencana kegiatan peringatan Hari Palang Merah Nasional ke-75 Tahun 2020, Musa menyampaikan bahwa pelaksanaannya akan dilaksanakan secara sederhana dan bersifat internal, guna menghindari terjadinya kerumunan.

“Peringatan Hari Palang Merah Nasional hanya mengundang PMI kecamatan, syukuran, tumpengan, doa bersama sekaligus peluncuran mobil ambulans dari PMI Pusat,” tambahnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey