Home / Sumut / Tahapan Pengundian Selesai, Nomor Urut Paslon Madina Ditetapkan

Tahapan Pengundian Selesai, Nomor Urut Paslon Madina Ditetapkan

Pengundian nomor urut pasangan calon Bupati Madina dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Desa Parbangunan, Panyabungan, Kamis (24/9(Foto:LintasMedan/irwan arifianto)

Madina, 24/9 (LintasMedan) – Tahapan pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal telah selesai dilaksanakan. Ada 3 Paslon yang bertarung di Pilkada Madina 2020.

Pengundian nomor dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Desa Parbangunan, Panyabungan, Kamis (24/9) berlangsung dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Para peserta dibatasi memasuki ruangan termasuk para jurnalis yang hanya diperbolehkan masuk pada session tertentu. Petugas keamanan pun tampak berjaga – jaga di lokasi hingga akhir acara pengundian.

Tiga Paslon yang ikut pengundian nomor urut yakni Jakfar Sukhairi – Atika Azmi (SUKA) mendapatkan nomor urut 1, Dahlan Hasan Nasution – Aswin Parinduri mendapatkan nomor urut 2 sedangkan HM Sofwat – Zubeir Lubis mendapatkan nomor urut 3.

“Pengundian nomor urut merupakan tahapan akhir dari pencalonan, selanjutnya proses tahapan kampanye yang di mulai pada 26 September,” kata Ketua KPUD Mandailing Natal Fadhillah Syarief kepada lintasmedan.com/Wol.
Terkait regulasi nantinya Fadhillah mengatakan KPU akan mengundang Paslon untuk menjelaskan lebih rinci bagaimana tata cara dan mekanisme pelaksanaan kampanye.
“Apakah secara virtual atau seperti apa kita juga masih menunggu sampai hari ini PKPU dari KPU RI,” sebutnya.
Mengenai Alat Peraga Kampanye (APK), Fadhillah meminta para Paslon melalui LO untuk menyerahkan design ke KPU untuk selanjutnya dilakukan proses cetak. 
“Kalau Baliho yang sebelumnya telah terpasang ranahnya oleh rekan – rekan Bawaslu terkait pengawasan dibantu Satpol PP, TNI – Polri. Jadi ketentuan untuk APK itu berlaku ketika sudah dimulainya tahapan kampanye,” jelasnya.
Nantinya Bawaslu akan menegaskan Paslon masing – masing secara sadar untuk membuka sendiri alat sosialisasi yang sudah dipasang sebelumnya.

Fadhillah juga menekankan usai pengundian nomor urut, paslon diharapkan tidak menggelar konvoi atau rak-arakan. Hal itu sebagaimana diatur dalam PKPU terbaru, nomor 13 Tahun 2020.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey